Pratama, Yudi
(2023)
”Faktor Kesulitan Belajar Hiragana pada Siswa SMA
Pembangunan Laboratorium UNP.
Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.
Abstract
Hiragana merupakan salah satu huruf dasar dalam bahasa Jepang yang
digunakan untuk menuliskan kosakata asli bahasa Jepang. Kesulitan belajar
hiragana berupa kesulitan membaca atau mengucapkan huruf, kesulitan
menuliskan huruf dengan urutan yang benar, kesulitan mengingat bentuk huruf dan
membedakan bentuk huruf yang mirip. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
apa saja penyebab kesulitan belajar hiragana pada siswa SMA Pembangunan
Laboratorium Universitas Negeri Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas XII di SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri
Padang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling yang
berjumlah sebanyak 36 siswa. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa faktor eksternal
lebih berpengaruh terhadap kesulitan belajar hiragana dengan hasil sebesar 50,69%
sedangkan faktor internal hanya berpengaruh sebesar 49,31%. Berdasarkan dari
semua indikator faktor internal (kesehatan, intelegensi dan bakat, minat dan
motivasi, cara belajar) masuk ke dalam kategori “tinggi”, indikator intelegensi dan
bakat merupakan indikator yang memiliki persentase paling rendah, dengan
demikian cara intelegensi dan bakat yang paling memiliki pengaruh paling tinggi
terhadap penyebab kesulitan belajar hiragana. Pada indikator faktor eksternal
(keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan) masuk ke dalam kategori “tinggi”,
akan tetapi indikator masyarakat dan lingkungan memiliki persentase paling
rendah, berdasarkan hal tersebut faktor masyarakat dan lingkungan yang memiliki
pengaruh paling tinggi terhadap penyebab kesulitan belajar hiragana
Actions (login required)
|
View Item |