Proses Kreatif Penciptaan Tari Bajawek Karya Reza Rezita di Sanggar Kajang Lako Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya

Meilina, Agnesd Jufra (2023) Proses Kreatif Penciptaan Tari Bajawek Karya Reza Rezita di Sanggar Kajang Lako Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_AGNESD_JUFRA_MEILINA_15023081_4476_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan membahas tentang Proses Kreatif Penciptaan Tari Bajawek Karya Reza Rezita di Sanggar Kajang Lako Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Instrument penelitian adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrument pendukung seperti alat tulis dan kamera. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Langkah-langkah untuk menganalisis data adalah pengumpulan data, mendeskripsikan data dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses kreatif penciptaan Tari Bajawek karya Reza Rezita di Sanggar Kajang Lako merupakan tari kreasi yang terealisasikan dari suatu kebudayaan adat yang ada di Kecamatan Koto Baru Kbupaten Dharmasraya. Tradisi ini dilakukan oleh para induak bako dari mempelai wanita (anak daro) dengan cara mengarak (manjujuang) mempelai wanita di atas tandu dan diarak beramai-ramai menuju Kajang lako. Tradisi ini didahului dengan rapat antara niniak mamak ,malin, dubalang, urang tuo sarato ampek jinih dari pihak anak daro dan marapulai sebelum ditetapkan dilakukannya Alek Bajawek ini, dikarenakan ada beberapa syarat yang harus diperhatikan dalam melakukan Alek Bajawek. Di antaranya adalah anak daro yang diarak harus merupakan anak gadis yang belum pernah diarak dan memakai tanduak ameh sebelumnya, karena apabila ada saudara perempuan atau pun yang bersangkutan yang pernah melakukan alek ini dan memakai tanduak ameh, maka tidak boleh lagi melakukan Tradisi alek bajawek. Konsep dasar penciptaan karya tari Bajawek ini adalah untuk menambah khasanah tarian yang berbau tari tradisi dalam Nagari. Pengambilan suasana penuh kegembiraan dan masih kental dengan adat menjadikan tari Bajawek ini sebagai topik gagasan karya baru yang bernilai tradisi dan berhak dikenalkan ke dunia luar, salah satu upaya tersebut ialah melalui media gerak tari. Di setiap gerak dapat di wujudkan kedalam tari melalui simbol. Yang mana tari menggambarkan dan memberikan makna yang bertujuan menyampaikannya bahwa sikap tegas dan bijaksana para petinggi adat di lambangkan dengan gerakan tegas, kokoh, dan kompak dalam gerakan silat yang dipadukan dengan gerakan tari yang selaras.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNerosti, NerostiUNSPECIFIED
CorrectorIndrayuda, IndrayudaUNSPECIFIED
CorrectorDesfiarni, DesfiarniUNSPECIFIED
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:46
Last Modified: 16 Jan 2024 02:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49599

Actions (login required)

View Item View Item