Fitria, Nova Zira
(2023)
“Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Aplikasi TikTok Dalam
Pembelajaran Bahasa Jepang”.
Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena penggunaan aplikasi TikTok dikalangan
pelajar atau siswa termasuk didalam pembelajaran dengan tujuan untuk melihat relevansi
penggunaan aplikasi TikTok dalam pembelajaran bahasa Jepang dan pandangan atau penilaian
siswa terhadap penggunaan media berbasis aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus deskriptif dengan
jumlah responden penelitian sebanyak 24 siswa kelas XI IPA 1 SMA PGRI 1 Padang.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner dan wawancara semi
terstruktur. Data dalam penelitian ini diperoleh berdasarkan pernyataa dari hasil penyebaran
kuesioner dan wawancara mendalam dengan responden. Instrumen yang digunakan untuk
mengumpulkan data terdiri dari 20 pernyataan dalam kuesioner dan pertanyaan wawancara semi
terstruktur. Berdasarkan hasil analisis kuesioner dan wawancara, diketahui bahwa persepsi atau
tanggapan siswa terhadap penggunaan aplikasi TikTok dalam pembelajaran bahasa Jepang
memperoleh interval kategori persepsi positif dengan rata-rata 81,93%. Kemudian pada hasil
wawancara diperoleh dua persepsi yaitu persepsi positif dan persepsi negatif dengan persepsi
positif lebih mendominasi yang dapat disimpulkan bahwa aplikasi TikTok bernilai positif dalam
pembelajaran bahasa Jepang.
Actions (login required)
|
View Item |