Konstribusi Daya Ledak Otot Tungkai dan Kelenturan Otot Pinggang Terhadap Ketepatan Smash Open Pemain Putra Bolavoli SMA N 8 Padang

Rivan, Muhammad (2023) Konstribusi Daya Ledak Otot Tungkai dan Kelenturan Otot Pinggang Terhadap Ketepatan Smash Open Pemain Putra Bolavoli SMA N 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_MUHAMMAD_RIVAN_18087114_5159_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah diduga bahwa masih kurang maksimalnya ketepatan Smash Open yang dimiliki oleh pemain putra Bolavoli SMA N 8 Padang. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi daya ledak otot tungkai dan kelenturan otot pinggang terhadap ketepatan Smash Open pemain putra Bolavoli SMA N 8 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2022 di lapangan Bolavoli SMA N 8 Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemain Bolavoli SMA N 8 Padang yang berjumlah 24 orang pemain. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, maka sampel penelitian ini adalah sampel putra sebanyak 14 orang pemain. Instrument dalam penelitian ini adalah: 1) vertical jump test untuk mengukur daya ledak otot tungkai, 2) Bridge Up Test untuk mengukur kelenturan otot pinggang, dan 3) Tes kemampuan ketepatan Smash Open untuk mengetahui ketepatan Smash Open. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik korelasi sederhana dan korelasi berganda yang kemudian dilanjutkan dengan analisis uji determinasi untuk mengetahui kontribusi masing-masing variable. Hasil penelitian ini adalah: 1) Daya Ledak Otot Tungkai memberikan kontribusi terhadap Ketepatan Smash Open pemain putra Bolavoli SMA N 8 Padang sebesar 55,05% 2) Kelenturan Otot Pinggang memberikan kontribusi terhadap Ketepatan Smash Open pemain putra Bolavoli SMA N 8 Padang sebesar 42,04%, 3) Daya ledak Otot Tungkai dan Kelenturan Otot Pinggang memberikan Kontribusi secara bersama-sama terhadap Ketepatan Smash Open pemain putra Bolavoli SMA N 8 Padang sebesar sebesar 56,94%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAfrizal, AfrizalUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:42
Last Modified: 16 Jan 2024 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49586

Actions (login required)

View Item View Item