Pengembangan Buku Ajar untuk Menunjang Pembelajaran Kurikulum Merdeka pada Materi Struktur Atom dan Konfigurasi Elektron Fase E SMA/MA.

Susanti, Aprilia (2023) Pengembangan Buku Ajar untuk Menunjang Pembelajaran Kurikulum Merdeka pada Materi Struktur Atom dan Konfigurasi Elektron Fase E SMA/MA. Skripsi thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B1_7_APRILIA_SUSANTI_19035004_8805_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurikulum merdeka yang memberikan tuntutan terhadap kemandirian peserta didik dan memberikan kebebasan dalam memperluas ilmu pengetahuan baik dari pendidikan formal maupun non formal. Selain itu kurikulum merdeka juga menjadi solusi untuk mengatasi krisis dan mendukung revolusi 4.0. Di era revolusi 4.0 inovasi pembelajaran berhubungan dengan peserta didik untuk memperoleh kemudahan dalam mempelajari bahan ajar yang disediakan salah satunya adalah buku ajar. Namun pada kenyataanya pemerintah belum memberikan buku ajar yang sesuai. Berdasarka hasil wawancara guru, peserta didik mengalamikesulitandalammemahamimateri. Salahsatunya materistruktur atom. Materi ini memiliki sifat konsep yang abstrak sehingga peserta didik membutuhkan buku ajar yang dilengkapi dengan materi yang lebih terperinci, multirepresentasidangambar-gambar yang mendukung materitersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar untuk menunjang pembelajaran kiurikulum merdeka pada materi struktur atom dan konfigurasi elektron fase E SMA/MAdanmengetahuinilaivaliditasdantingkat praktikalitasnya. Harapannya dapat menunjang proses pembelajaran serta mendukung pendidikan di erarevolusi industri 4.0. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengembanganatau sering dikenal dengan Educational Design Research (EDR) atau rancangan penelitian pendidikan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Plomp. Subjek penelitian ini adalah dosen kimia FMIPA UNP, guru kimia SMAN 8 Padang, dan 9 orang peserta didik fase E SMAN 8 Padang. Data validitaskontendankonstruk dianalisis dengan menggunakanrumus Aiken's V dan tingkat kepraktisan menggunakan persen kepraktisan. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan nilai rata-rata validasi buku ajar untuk menunjang pembelajaran kurikulum merdekapada materistruktur atomdan konfigurasi elektron 0,89 dengan kategori valid. Penilaian kepraktisan juga dilakukan kepada 2 orang guru kimia SMAN 8 Padang dan 9 orang peserta didik SMAN 8 Padang. Pada uji kelompok kecil diperoleh nilai kepraktisan 94%dengan kategori sangat praktis. Uji kepraktisan kepada guru diperoleh nilai rata- rata95% dengankategorisangat praktis. Sehingga dapat disimpulkanbahwa buku ajar ini valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMawardi, MawardiUNSPECIFIED
CorrectorIswendi, IswendiUNSPECIFIED
CorrectorSuryelita, SuryelitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KURIKULUM MERDEKA, STRUKTURATOM, KONFIGURASI ELEKTRON
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Jan 2024 01:01
Last Modified: 16 Jan 2024 01:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49579

Actions (login required)

View Item View Item