Absa, Abil Farizki
(2023)
Redesain Packaging Ladu “One” Sebagai Oleh-oleh
Khas Pariaman.
Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.
Abstract
Ladu “One” merupakan kue kering tradisional yang merupakan salah satu
cemilan khas Kota Pariaman, Ladu “One” belum mempunyai kemasan yang
menarik karena masih menggunakan media plastik kaca yang sama dengan para
produk pesaing di Kota Pariaman. Definisi kemasan menurut Philip Kotler (119)
adalah “The activities of designing and producing the container or wrapper for a
product.” Memiliki makna sebuah aktivitas atau kegiatan dalam merancang dan
memproduksi wadah atau bungkus suatu produk. Re-Design kemasan ini
bertujuan untuk menciptakan daya tarik visual bagi pengembangan Ladu “One”
dan bisa menggambarkan identitas produk secara jelas. Pada perancangan ini
penulis menggunakan metode Research and Development yang digunakan pada
perancangan ini sesuai dengan alur dari Thiagarajan yakni 4-D (Four-D Models).
Model pengembangan ini terdiri atas empat tahapan, yaitu tahap define
(pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate
(penyebaran). Analisis data yang digunakan dalam perancangan ini adalah SWOT.
Hasil uji kelayakan dari perancangan kemasan ini mendapat respon positif dari
beberapa responden dan merasa puas terhadap redesain kemasan baru produk
Ladu “One”, yang juga didukung dengan berbagai media pendukung untuk
memperkenalkan Ladu “One” sebagai oleh-oleh Khas Pariaman seperti : poster,
sticker, faktur, Apron, papper bag, T-Shirt, dan kardus.
Actions (login required)
|
View Item |