Nilam, Putri
(2023)
Evaluasi Layanan Referensi di Perpustakaan Universitas
Andalas.
Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.
Abstract
. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekurangan atau kesenjangan
yang terjadi di layanan referensi Perpustakaan Universitas Andalas. Penelitian ini
menggunakan model DEM (Discrepancy Evaluation Model) atau disebut model
evaluasi kesenjangan yang berfokus terhadap tiga tahapan yaitu masukan (input), proses (process) dan luaran (output). Pendekatan ini menggunakan penelitian
kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Data penelitian ini diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada pemustaka yang
menggunakan layanan referensi. Populasi dalam penelitian ini adalah pemustaka
layanan referensi Perpustakaan Universitas Andalas dari bulan januari 2022
hingga bulan agustus 2022 yaitu sebanyak 264 orang. Penarikan sampel dalam
penelitian ini diambil dengan rancangan sampel non probability silling dengan
teknik pengambilan accidental sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 73
orang. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) pada aspek masukan/input terdapat
tiga indikator diantaranya (a) pustakawan, berdasarkan hasil statistik dimensi
pustakawan dapat dikategorikan tinggi, karena responden lebih dominan
menyatakan setuju; (b) koleksi, dari hasil statistik dimensi koleksi menunjukkan
bahwa kepuasan pemustaka terhadap koleksi layanan referensi dapat
dikategorikan sedang, karena responden lebih dominan menyatakan tidak setuju
bahwa koleksi layanan referensi sudah memenuhi kebutuhan pemustaka; (c)
katalog, hasil statistik dimensi katalog dapat dikategorikan tinggi, karena
responden lebih dominan menyatakan setuju bahwa katalog yang disediakan oleh
Perpustakaan Universitas Andalas sudah memuaskan. (2) pada aspek
proses/process terdapat dua indikator diantaranya (a) layanan referensi
perpustakaan, hasil statistik dimensi layanan referensi perpustakaan dapat
dikategorikan sedang, hal ini berarti bahwa responden merasa tidak puas terhadap
layanan referensi yang disediakan oleh Perpustakaan Universitas Andalas; (b)
layanan penelusuran informasi, hasil statistik dimensi layanan penelusuran
Informasi dikategorikan baik, karena responden lebih dominan menyatakan setuju. (3) pada aspek keluaran/output terdapat dua indikator diantaranya (a) data
pengunjung, hasil statistik dimensi data pengunjung dikategorikan baik. Baik
disini menunjukan bahwa responden setuju pustakawan harus menyediakan
absensi pengunjung di layanan referensi Perpustakaan Universitas Andalas; (b)
tingkat kepuasan pengunjung, hasil statistik dimensi kingkat kepuasan
pengunjung dikategorikan baik, karena responden lebih dominan menyatakan
setuju
Actions (login required)
|
View Item |