Evaluasi Layanan Referensi di Perpustakaan Universitas Andalas

Nilam, Putri (2023) Evaluasi Layanan Referensi di Perpustakaan Universitas Andalas. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B.1_08_PUTRI_NILAM_19234048_8369-2023.pdf

Download (729kB) | Preview

Abstract

. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekurangan atau kesenjangan yang terjadi di layanan referensi Perpustakaan Universitas Andalas. Penelitian ini menggunakan model DEM (Discrepancy Evaluation Model) atau disebut model evaluasi kesenjangan yang berfokus terhadap tiga tahapan yaitu masukan (input), proses (process) dan luaran (output). Pendekatan ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Data penelitian ini diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada pemustaka yang menggunakan layanan referensi. Populasi dalam penelitian ini adalah pemustaka layanan referensi Perpustakaan Universitas Andalas dari bulan januari 2022 hingga bulan agustus 2022 yaitu sebanyak 264 orang. Penarikan sampel dalam penelitian ini diambil dengan rancangan sampel non probability silling dengan teknik pengambilan accidental sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 73 orang. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) pada aspek masukan/input terdapat tiga indikator diantaranya (a) pustakawan, berdasarkan hasil statistik dimensi pustakawan dapat dikategorikan tinggi, karena responden lebih dominan menyatakan setuju; (b) koleksi, dari hasil statistik dimensi koleksi menunjukkan bahwa kepuasan pemustaka terhadap koleksi layanan referensi dapat dikategorikan sedang, karena responden lebih dominan menyatakan tidak setuju bahwa koleksi layanan referensi sudah memenuhi kebutuhan pemustaka; (c) katalog, hasil statistik dimensi katalog dapat dikategorikan tinggi, karena responden lebih dominan menyatakan setuju bahwa katalog yang disediakan oleh Perpustakaan Universitas Andalas sudah memuaskan. (2) pada aspek proses/process terdapat dua indikator diantaranya (a) layanan referensi perpustakaan, hasil statistik dimensi layanan referensi perpustakaan dapat dikategorikan sedang, hal ini berarti bahwa responden merasa tidak puas terhadap layanan referensi yang disediakan oleh Perpustakaan Universitas Andalas; (b) layanan penelusuran informasi, hasil statistik dimensi layanan penelusuran Informasi dikategorikan baik, karena responden lebih dominan menyatakan setuju. (3) pada aspek keluaran/output terdapat dua indikator diantaranya (a) data pengunjung, hasil statistik dimensi data pengunjung dikategorikan baik. Baik disini menunjukan bahwa responden setuju pustakawan harus menyediakan absensi pengunjung di layanan referensi Perpustakaan Universitas Andalas; (b) tingkat kepuasan pengunjung, hasil statistik dimensi kingkat kepuasan pengunjung dikategorikan baik, karena responden lebih dominan menyatakan setuju

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPrimadesi, YonaUNSPECIFIED
CorrectorDesriyeni, DesriyeniUNSPECIFIED
CorrectorNabila, JeihanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Layanan referensi, Perpustakaan Universitas
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:58
Last Modified: 15 Jan 2024 07:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49567

Actions (login required)

View Item View Item