Kontribusi Daya Tahan Kekuatan Otot Lengan Dan Kekuatan Otot Tungkai Bawah terhadap Kecepatan Renang 100 Meter Gaya Dada Mahasiswa FIK UNP

Marjohan, Marjohan (2023) Kontribusi Daya Tahan Kekuatan Otot Lengan Dan Kekuatan Otot Tungkai Bawah terhadap Kecepatan Renang 100 Meter Gaya Dada Mahasiswa FIK UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_MARJOHAN_18087102_4950_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah masih kurang maksimalnya kecepatan renang 100 meter gaya dada mahasiswa FIK UNP yang diduga diakibatkan masih rendahnya daya tahan kekuatan otot lengan dan kekuatan otot tungkai bawah mahasiswa FIK UNP. Varibel dalam penelitian ini adalah daya tahan kekuatan otot lengan dan kekuatan otot tungkai bawah sebagai variable bebas dan kecepatan renang 100 meter gaya dada sebagai variable terikat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi daya tahan kekuatan otot lengan dan kekuatan otot tungkai Bawah terhadap Kecepatan renang 100 meter gaya dada mahasiswa FIK UNP. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa mata kuliah renang yang berjumlah 58 orang mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa FIK UNP yang berjumlah 31 orang laki-laki. insrumen dalam penelitian ini adalah 1) Daya tahan kekuatan otot lengan dengan tes push up, daya tahan kekuatan otot tungkai dengan Leg-back dynamometer, tes kecepatan 100m gaya dada. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi sederhana dan korelasi berganda yang dilanjutkan dengan analisisi uji determinasi untuk menentukan kontribusi antar variabel. Hasil penelitian ini adalah: 1) Daya tahan kekuatan otot lengan memberikan kontribusi terhadap kecepatan renang 100 meter gaya dada mahasiswa FIK UNP sebesar 16,96%, 2) Kekuatan otot tungkai bawah memberikan kontribusi terhadap kecepatan renang 100 meter gaya dada mahasiswa FIK UNP sebesar 25,68% 3) Daya tahan kekuatan otot lengan dan kekuatan otot tungkai bawah memberikan kontribusi secara bersama-sama terhadap kecepatan renaig 100 meter gaya dada mahasiswa FIK UNP sebesar sebesar 36,24%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSin, Tjung HauwUNSPECIFIED
CorrectorArgantos, ArgantosUNSPECIFIED
CorrectorM Ridwan, M RidwanUNSPECIFIED
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:04
Last Modified: 15 Jan 2024 07:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49546

Actions (login required)

View Item View Item