Perancangan Sistem Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kaspada BUMNAG Beringin Gadang Nagari Padang Sibusuk Kabupaten Sijunjung

Oktafianti, Rosi (2023) Perancangan Sistem Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kaspada BUMNAG Beringin Gadang Nagari Padang Sibusuk Kabupaten Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_ROSI_OKTAFIANTI_8132_2023.pdf

Download (875kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui system akuntansi yang digunakan sekaligus merancangkan system akuntansi penerimaan dan pengeluarankas. Penelitian dilakukan pada BUMNAG Beringin Gadang Nagari Padang Sibusuk Kabupaten Sijunjung yang beralamat di diJorong Tapi Balai, Kecamatan Kupitan, Kabupaten Sijunjung. Penelitian ini berbentuk observasi dan wawancara. Data dikumpulkan langsung dengan mengamati, mengumpulkan data, dan melakukan Tanya jawab dengan pihak terkait pada BUMNAG Beringin Gadang. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang membandingkan antara pengetahuan teori yang berhubungan dengan masalah yang akan diteliti. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh pada dapat diketahui bahwa belum BUMNAG Beringin Gadang menerapkan system informasi akuntansi yang baik dimana BUMNAG tidak ada pemisahan fungsi antara fungsi penerimaan dan pengeluaran kas dan fungsi pencatatan. Akibat dari pencatatan yang tidak akurat ini mengakibatkan BUMNAG susah dalam mengambil keputusan dan mengakibatkan terhambatnya kegiatan operasional dari BUMNAG tersebut. Jadi penulis merancangkan system akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas pada BUMNAG Beringin Gadang, agar BUMNAG Beringin Gadang dapat mengelola aktifitas operasional secara lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHelmy, HerlinaUNSPECIFIED
CorrectorNelvirita, NelviritaUNSPECIFIED
CorrectorHelmayunita, NayangUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: SISTEM AKUNTANSI PENERIMAAN, SISTEM AKUNTANSI PENERIMAAN
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - D3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:00
Last Modified: 15 Jan 2024 07:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49539

Actions (login required)

View Item View Item