Pembuatan Rumah Baca Sikumbang (SKB) Photography Dalam Meningkatkan Literasi Membaca Masyarakat di Matur Mudiak Kabupaten Agam

Sari, Suci Yolanda (2023) Pembuatan Rumah Baca Sikumbang (SKB) Photography Dalam Meningkatkan Literasi Membaca Masyarakat di Matur Mudiak Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B.1_07_SUCI_YOLANDA_SARI_20026102_8384_2023.pdf

Download (618kB) | Preview

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembuatan rumah baca Sikumbang (SKB) Photography di Nagari Matur Mudiak Kabupaten Agam dan mendeskripsikan uji coba produk rumah baca. Metode penulisan yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang di lakukan adalah observasi, wawancara, studi literatur, dokumentasi, angket. Makalah ini merupakan sebagai upaya nyata untuk mengatasi rendahnya tingkat literasi di Nagari Matur Mudiak. Rumah baca ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pembacaan dan literasi di kalangan anak-anak, pelajar, dan masyarakat umum. Berdasarkan dari pembahasan makalah penelitian ini mencakup perencanaan, pembangunan, dan uji coba rumah baca yang menggabungkan elemen desain yang menarik. Selama uji coba produk ini, sejumlah masyarakat di Matur Mudiak terlibat dan memberikan masukan yang berharga tentang keberlanjutan dan manfaat rumah baca ini. Hasil dari uji coba produk menunjukkan respon positif dari sebagian besar masyarakat yang merasa bahwa rumah baca ini menarik, nyaman dan memberikan manfaat yang siginifikan bagi literasi masyarakat. Rumah baca ini juga dianggap mampu mengurangi pengaruh negatif perangkat ponsel terhadap anak-anak. Pembuatan rumah baca ini dapat dianggap sebagai solusi yang inovatif dan berkelanjutan untuk meningkatkan literasi membaca di Nagari Matur Mudiak. Rumah baca ini diharapkan dapat menjadi pusat literasi yang berdampak positif bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNabila, JeihanUNSPECIFIED
CorrectorMarlini, MarliniUNSPECIFIED
CorrectorErlianti, GustinaUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:13
Last Modified: 15 Jan 2024 03:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49520

Actions (login required)

View Item View Item