Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya (Musik) di Kelas VIII.2 SMP Negeri 3 Sungai Geringging

Friatma, Fajar (2023) Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya (Musik) di Kelas VIII.2 SMP Negeri 3 Sungai Geringging. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B.1_06_FAJAR_FRIATMA_17023100_8100_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang pelaksanaan pembelajaran seni budaya (musik) di kelas VIII.2 di SMP Negeri 3 Sungai Geringging. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Instrumen utama di dalam penelitian ini yaitu peneliti sendiri dengan mengamati proses pembelajaran kelas VIII.2 materi pelajaran seni musik di SMP Negeri 3 Sungai Geringging. Jenis data yang digunakan adalah primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, observasi, wawancara, dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran seni budaya materi musik di kelas VIII.2 belum berjalan dengan baik. Dikarenakan terdapat hambatan dimana tidak adanya sarana prasarana seperti media pembelajaran, alat-alat musik, dan ruangan berpraktek, sehingga membuat guru mengajar tidak sesuai dengan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang ada. Pembelajaran seni musik di kelas VIII.2 salah satunya hanya sekedar memenuhi indikator komptensi inti yang ada pada silabus, yaitu “memahami” materi alat musik tradisional. Kemudian permasalahan yang terjadi di kelas tersebut yaitu terlihatnya sikap siswa pada saat mengikuti pembelajaran seni musik, siswa terlihat jenuh dan bosan mengikuti pembelajaran alat musik tradisional, kemudian ada beberapa siswa yang terlihat sering izin keluar masuk kelas, mengobrol sesama teman sebangku, mengacuhkan materi yang diberikan guru, hingga kurang memberi respon yang baik terhadap pembelajaran. Berdasarkan hasil yang telah disimpulkan oleh peneliti siswa merasa bosan, megalami kejenuhan, serta kurang memberi respon yang baik terhadap materi yang diajarkan guru, dikarenakan pembelajaran seni musiknya lebih banyak dilakukan teori saja, sedangkan praktek tidak pernah dilakukan dan diajarkan kepada siswa karena tidak adanya prasarana alat-alat musik yang tersedia, dan ruangan untuk berpraktek seni musik. Dalam proses belajar mengajar, tidak ada media pembelajaran yang tersedia kemudian metode yang diajarkan guru tidak bervariasi, guru lebih sering menggunakan metode ceramah dan tanya jawab saja. Sehingga pada kenyataannya tujuan pembelajaran yang harus dicapai dalam bahan ajar yang dimiliki guru belum tercapai dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyeilendra, SyeilendraUNSPECIFIED
CorrectorKadir, Tulus HandraUNSPECIFIED
CorrectorMaestro, EsyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran seni musik, kelas VIII.2, SMPN 3 Sungai Geringging.
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 15 Jan 2024 02:05
Last Modified: 15 Jan 2024 02:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49506

Actions (login required)

View Item View Item