Hubunguan Daya Tahan Kekuatan Otot Perut Dan Daya Tahan Kekuatan Otot Lengan Terhadap Kemampuan Mendayung 500 Meter Pada Atlet Dayung Putri Kabupaten Pesisir Selatan

Putri, Wilma Primanda (2023) Hubunguan Daya Tahan Kekuatan Otot Perut Dan Daya Tahan Kekuatan Otot Lengan Terhadap Kemampuan Mendayung 500 Meter Pada Atlet Dayung Putri Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_WILMA_PRIMANDA_PUTRI_19089179_5264_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Masih rendahnya kemampuan mendayung jarak 500 meter pada atlet dayung putri Kabupaten Pesisir Selatan. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan daya tahan kekuatan otot perut dan daya tahan kekuatan otot lengan terhadap kemampuan mendayung jarak 500 meter pada atlet dayung putri Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini bersifat korelasional yaitu untuk mengetahui seberapa besar hubungan variabel satu dengan yang lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet dayung putri Kabupaten Pesisir Selatan berjumlah 25 orang, dan sampelnya berjumlah 10 orang yang dilaksanakan di Camp PODSI (Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia) cabang Kabupaten Pesisir Selatan area laut Pantai Carocok Painan Wisata pada bulan Mei 2023 dengan menggunakan teknik total sampling yang dilandasi jumlah populasi yang terbatas. Teknik pengolahan analisis data menggunakan analisis korelasi product moment dan korelasi ganda dengan menggunakan uji liliefors sebagai uji normalitas data. Berdasarkan perhitungan korelasi product moment, diperoleh; 1) Tidak terdapat hubungan yang berarti antara daya tahan kekuatan otot perut dengan kemampuan mendayung jarak 500 meter pada atlet dayung putri Kabupaten Pesisir Selatan karena didapat thitung (-2.6395) < ttabel (1.86). 2) Terdapat hubungan yang berarti antara daya tahan kekuatan otot lengan dengan kemampuan mendayung jarak 500 meter pada atlet dayung putri Kabupaten Pesisir Selatan karena didapat thitung (2.5107) > ttabel (1.86), dan berdasarkan perhitungan korelasi ganda diperoleh; 3) Terdapat hubungan yang berarti antara daya tahan kekuatan otot perut dan daya tahan kekuatan otot lengan secara bersama-sama terhadap kemampuan mendayung jarak 500 meter pada atlet dayung putri Kabupaten Pesisir Selatan karena didapat Fhitung (8.3144) > Ftabel (4.74).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKomaini, AntonUNSPECIFIED
CorrectorRifki, Muhammad SazeliUNSPECIFIED
CorrectorSusanto, NugrohoUNSPECIFIED
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 15 Jan 2024 02:04
Last Modified: 15 Jan 2024 02:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49503

Actions (login required)

View Item View Item