Pengembangan Media Pembelajaran Bandicam berbasis Canva pada Materi Menggambar Poster di Sekolah Menengah Pertama

Putri, Rahma (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Bandicam berbasis Canva pada Materi Menggambar Poster di Sekolah Menengah Pertama. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B.1_05_RAHMA_PUTRI_17020127_9000_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Bandicam berbasis Canva pada Materi Menggambar Poster yang Valid dan Praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) disingkat menjadi R&D. Model pengembangan mengacu kepada teori Thiagajaran yang dikenal dengan 4-D (Four D) yang terdiri atas 4 tahapan yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Dalam penelitian ini melibatkan 4 orang ahli (validator) untuk melakukan validasi (penilaian) diantaranya yaitu satu dosen dan satu guru mata pelajaran sebagai validator materi, satu dosen sebagai validator layout, satu dosen sebagai validator media, serta satu dosen sebagai validator kebahasaan. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru dan 15 orang peserta didik di sekolah menengah pertama kelas 8.1 sebagai uji coba praktikalitas. Pengumpulan data dengan menggunakan angket. Selain itu, juga melibatkan 2 orang guru dan 30 orang peserta didik yang terbagi atas kelas 8.2 dan 8.3 sebagai responden untuk tahap disseminate (penyebaran). Pengumpulan data untuk tahap disseminate (penyebaran) yaitu dengan membagikan angket respon kepada guru dan peserta didik dan meminta guru dan peserta didik untuk mengisi angket setelah melihat produk atau media pembelajaran yang ditampilkan. Adapun kegiatan disseminate (penyebaran) lainnya yaitu dengan menyebarluaskan produk atau media ke youtube. Penelitian ini mendapatkan hasil yang menyatakan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis digunakan pada pembelajaran menggambar poster di sekolah menengah pertama dengan rata-rata keseluruhan hasil validasi yaitu 93.05% dengan kategori sangat valid. Hasil penilaian praktikalitas oleh guru sebesar 90.76% dan peserta didik sebesar 94.09% dengan kategori sangat praktis. Serta tahap disseminate (penyebaran) oleh guru memperoleh rata-rata sebesar 96.92% dengan kategori sangat baik dan 30 orang peserta didik memperoleh rata-rata hasil 85.86% dengan kategori sangat baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZubaidah, ZubaidahUNSPECIFIED
CorrectorAwrus, SuibUNSPECIFIED
CorrectorWikarya, YusronUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Bandicam, Canva
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:55
Last Modified: 12 Jan 2024 02:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49478

Actions (login required)

View Item View Item