Putri, Rahma
(2023)
Pengembangan Media Pembelajaran Bandicam
berbasis Canva pada Materi Menggambar Poster di
Sekolah Menengah Pertama.
Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Bandicam
berbasis Canva pada Materi Menggambar Poster yang Valid dan Praktis.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan
pengembangan (Research and Development) disingkat menjadi R&D. Model
pengembangan mengacu kepada teori Thiagajaran yang dikenal dengan 4-D (Four
D) yang terdiri atas 4 tahapan yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan),
develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Dalam penelitian ini
melibatkan 4 orang ahli (validator) untuk melakukan validasi (penilaian)
diantaranya yaitu satu dosen dan satu guru mata pelajaran sebagai validator
materi, satu dosen sebagai validator layout, satu dosen sebagai validator media,
serta satu dosen sebagai validator kebahasaan. Subjek dalam penelitian ini adalah
1 guru dan 15 orang peserta didik di sekolah menengah pertama kelas 8.1 sebagai
uji coba praktikalitas. Pengumpulan data dengan menggunakan angket. Selain itu,
juga melibatkan 2 orang guru dan 30 orang peserta didik yang terbagi atas kelas
8.2 dan 8.3 sebagai responden untuk tahap disseminate (penyebaran).
Pengumpulan data untuk tahap disseminate (penyebaran) yaitu dengan
membagikan angket respon kepada guru dan peserta didik dan meminta guru dan
peserta didik untuk mengisi angket setelah melihat produk atau media
pembelajaran yang ditampilkan. Adapun kegiatan disseminate (penyebaran)
lainnya yaitu dengan menyebarluaskan produk atau media ke youtube.
Penelitian ini mendapatkan hasil yang menyatakan bahwa media
pembelajaran yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis digunakan pada
pembelajaran menggambar poster di sekolah menengah pertama dengan rata-rata
keseluruhan hasil validasi yaitu 93.05% dengan kategori sangat valid. Hasil
penilaian praktikalitas oleh guru sebesar 90.76% dan peserta didik sebesar 94.09%
dengan kategori sangat praktis. Serta tahap disseminate (penyebaran) oleh guru
memperoleh rata-rata sebesar 96.92% dengan kategori sangat baik dan 30 orang
peserta didik memperoleh rata-rata hasil 85.86% dengan kategori sangat baik
Actions (login required)
|
View Item |