Analisis Keterkaitan Unsur Tanah Jarang Terhadap Mineral Magnetik pada Batu Apung di Sumatera Bagian Selatan Menggunakan Metode Kemagnetan Batuan

Hayati, Rifqa (2023) Analisis Keterkaitan Unsur Tanah Jarang Terhadap Mineral Magnetik pada Batu Apung di Sumatera Bagian Selatan Menggunakan Metode Kemagnetan Batuan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Rifqa_Hayati_19034083_8583_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penggunaan unsur tanah jarang merupakan wujud dari perkembangan teknologi material maju. Unsur tanah jarang terkandung dalam batuan bersama unsur-unsur lain dan berasosiasi dengan mineral-mineral, salah satunya mineral magnetik. Namun, keterkaitan unsur tanah jarang dengan kelimpahan mineral magnetik pada batu apung belum diketahui, salah satunya batuan dari Sumatera Bagian Selatan. Penelitian ini bertujuan menyelidiki keterkaitan antara unsur tanah jarang dengan mineral magnetik pada batu apung dari Sumatera Bagian Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kemagnetan batuan, dimana untuk menentukan nilai suseptibilitas magnetik digunakan alat Bartington Magnetic Susceptibility Meter Sensor type B (MS2B) dan untuk menyelidiki komposisi unsur tanah jarang digunakan alat X-Ray Fluorescence. Nilai suseptibilitas magnetik batu apung dari Sumatera Bagian Selatan sangat bervariasi, memiliki sifat kemagnetan antiferromagnetik dan ferrimagnetik, serta didapatkan hampir tidak memiliki bulir superparamagnetik dan juga didapatkan campuran superparamagnetik dan butiran kasar. Unsur tanah jarang yang terkandung pada batu apung dari Sumatera Bagian Selatan berjumlah 4 unsur tanah jarang, yaitu europium, yttrium, neodymium dan cerium. Kaitan antara unsur tanah jarang dengan kelimpahan mineral magnetik, yaitu berbanding terbalik dengan kelimpahan mineral ferromagnetik dan berbanding lurus dengan kelimpahan bulir superparamagnetik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHamdi, HamdiUNSPECIFIED
CorrectorDwiridal, LetmiUNSPECIFIED
CorrectorAmir, HarmanUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:30
Last Modified: 12 Jan 2024 02:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49470

Actions (login required)

View Item View Item