Pengaruh Karakteristik Pemilik dak Karakteristik Usaha terhadap Produktivitas Tenaga Kerja Industri Mikro dan Kecil di Indonesia

Adina, Novia Salsabella (2023) Pengaruh Karakteristik Pemilik dak Karakteristik Usaha terhadap Produktivitas Tenaga Kerja Industri Mikro dan Kecil di Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_08_NOVIA_SALSABELLA_ADINA_19060112_8133_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis indikator apa saja dari dua karakteristik yang mempengaruhi produktivitas tenaga kerja industri mikro dan kecil di Indonesia pada tahun 2020. Penelitian ini berguna untuk menambah pengetahuan yang ada tentang penelitian produktivitas tenaga kerja industri mikro dan kecil di Indonesia. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data sekunder yang bersumber dari hasil survei industri mikro dan kecil di Indonesia tahun 2020 yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) yang dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu variabel dependen yaitu produktivitas tenaga kerja dan variabel independen yang terdiri atas karakteristik pemilik dengan indikator usia pengelola, tingkat pendidikan dan keikutsertaan pelatihan dan karakteristik usaha dengan indikator lama usaha, penggunaan internet, kepemilikan sertifikant, keikutsertaan kemitraan, alokasi pemasaran ekspor dan penggunaan teknologi baru. Pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dibantu dengan software eviews 12. Temuan pada hasil penelitian ini yaitu (1) karakteristik pemilik dengan indikator usia pengelola dan tingkat pendidikan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap produktifitas tenaga kerja, (2) karakteristik usaha dengan indikator penggunaan internet, kepemilikan sertifikat, keikutsertaan kemitraan, alokasi pemasaran ekspor dan penggunaan teknologi baru memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas tenaga kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMarta, JoanUNSPECIFIED
CorrectorAkbar, Urmatul UskaUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA, KARAKTERISTIK PEMILIK, KARAKTERISTIK USAHA
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Jan 2024 07:50
Last Modified: 11 Jan 2024 07:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49458

Actions (login required)

View Item View Item