Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Bantuan Media Spinning Question Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Pembelajaran Sosiologi Kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Solok Selatan

Sari, Yola Pistika (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Bantuan Media Spinning Question Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Pembelajaran Sosiologi Kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_YOLA_PISTIKA_SARI_18058267_5594_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalis pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning dengan bantuan media spinning question terhadap peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran sosiologi di SMA Negeri 6 Solok Selatan. Hal menarik untuk diteliti karena terdapat permasalahan dalam penelitian yaitu rendahnya pemahaman konsep Peserta didik pada pembelajaran sosiologi kelas XI IPS. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori konstruktivisme yang dikembangkan oleh Jean Piaget. Teori konstruktivisme adalah teori yang menjelaskan perkembangan kognitif seseorang dari proses pembelajaran yang aktif dan dapat membangun pemahaman konsep melalui pengamatan dan interaksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang termasuk penelitian eksperimen. Pemilihan dalam penelitian ini dilakukan secara simple random sampling kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen kelas XI IPS 4 dan kelas kontrol XI IPS 3 dengan jumlah peserta didik 56 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes dalam bentuk pilihan ganda dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan bantuan media spinning question. Hal ini dapat dilihat dari uji hipotesis pada kelas XI IPS 4 kelompok eksperimen menunjukan nilai Signifikansi 0,000 < 0,05 dengan t-hitung 20.537 > t-tabel 0.683 dan t-hitung 36.167 > t-tabel 0.683. sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning dengan bantuan media spinning question berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran sosiologi kelas XI IPS 4 di SMA Negeri 6 Solok Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFebriani, Eka AsihUNSPECIFIED
CorrectorFernandes, RenoUNSPECIFIED
CorrectorNurlizawati, NurlizawatiUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 11 Jan 2024 04:34
Last Modified: 16 Jan 2024 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49447

Actions (login required)

View Item View Item