Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas IV B SDN 52 Parupuk Tabing Kota Padang

Faiqoh, Ufairoh (2023) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas IV B SDN 52 Parupuk Tabing Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_UFAIROH_FAIQOH_10329138_6345_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu permasalahan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI dan BP) yaitu siswa kurang aktif atau kurangnya keantusiasan siswa dalam pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, guru PAI dan BP pernah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) pada tahun 2020. Penelitian ini bertujuan Pertama, mendeskripsikan perencanaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) dalam pembelajaran PAI dan BP di kelas IV B SDN 52 Parupuk Tabing Kota Padang. Kedua, mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) dalam pembelajaran PAI dan BP di kelas IV B SDN 52 Parupuk Tabing kota Padang. Ketiga, mendeskripsikan evaluasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) dalam pembelajaran PAI dan BP di kelas IV B SDN 52 Parupuk Tabing kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif (Descriptive Research). Sumber data dari penelitian ini adalah sembilan informan melalui wawancara yang terdiri dari satu guru PAI dan BP dan delapan siswa kelas IV B SDN 52 Parupuk Tabing. Untuk memperoleh data penelitian, peneliti menggunakan pedoman wawancara dan observasi sebagai instrumen penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Secara keseluruhan hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga tahapan yaitu : Pertama, tahap perencanaan guru membuat modul ajar, membuat program tahunan, program semester, alur tujuan pembelajaran, capaian pembelajaran dan tujuan pembelajaran, menentukan pokok bahasan, mempersiapkan bahan ajar/sumber ajar, sarana prasarana, mempersiapkan game, dan menentukan evaluasi. Kedua, tahap pelaksanaan pada kegiatan pendahuluan berupa guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, menyapa dan mengecek kehadiran siswa, memberikan motivasi, menginformasikan materi yaitu tentang shalat Jum’at, menyampaian tujuan pembelajaran, menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan, dan memberikan penguatan materi kepada siswa. Pelaksanaan kegiatan inti disesuaikan dengan sintaks model pembelajaran TGT. Serta kegiatan penutup yaitu penilaian terhadap siswa, guru dan siswa menyimpulkan pembelajaran, menutup pembelajaran dengan salam dan berdoa. Ketiga, tahap evaluasi yaitu berupa assesmen formatif dengan lembar kerja pengamatan siswa yang dilakukan ditengah proses belajar mengajar dan sumatif dengan tes pada akhir pembelajaran sedangkan hasil evaluasi yang didapatkan yaitu siswa aktif dan antusias dalam pembelajaran, serta dilihat dari hasil tes siswa lebih memahami pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSatria, RenggaUNSPECIFIED
CorrectorMuliati, IndahUNSPECIFIED
CorrectorWiza, RahmiUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 11 Jan 2024 04:20
Last Modified: 11 Jan 2024 04:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49443

Actions (login required)

View Item View Item