Desain Game Pembelajaran Fisika Bermuatan Literasi Saintifik untuk Materi Usaha dan Energi

Herman, Nadya Putri (2023) Desain Game Pembelajaran Fisika Bermuatan Literasi Saintifik untuk Materi Usaha dan Energi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_NADYA_PUTRI_HERMAN_19033045_8011_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Fisika merupakan ilmu yang mempengaruhi dalam perkembangan teknologi. Kenyataan dilapangan ditemukan siswa tidak memiliki motivasi dalam belajar fisika sehingga menyebabkan hasil belajar rendah. Disisi lain, penggunaan media pembelajaran berbasis ICT belum maksimal dilaksanakan disekolah. Pada zaman sekarang siswa lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain game dari pada belajar. Berdasarkan masalah tersebut solusi yang tepat untuk meningkatkan motivasi siswa belajar fisika adalah melalui game pembelajaran fisika bermuatan literasi saintifik untuk materi usaha dan energi. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian desain intruksional menggunakan model penelitian Plomp. Penelitian ini dilakukan dua tahap yaitu preliminary research dan prototyping phase dibatasi sampai tahap one to one. Sumber data diperoleh dari hasil validasi tenaga ahli oleh dosen Fisika FMIPA UNP dan hasil praktikalitas one to one yang diisi oleh siswa kelas XI MIPA 3 SMAN 6 Padang. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar pelaksanaan pembelajaran, lembar observasi keterlaksanaan literasi saintifik. lembar uji validitas dan lembar uji praktikalitas, Teknik analisis data untuk validasi instrumen dan produk mengunakan Aiken’s V, kepraktisan produk menggunakan teknik persentase, Berdasarkan preliminary research diperoleh permasalahan yaitu rendahnya motivasi siswa untuk belajar fisika, rendahnya keterlaksanaan literasi saintifik disekolah dan hasil belajar rendah. Pada Prototyping phase telah didesain game pembelajaran fisika. Hasil self-evaluation diperoleh dengan kriteria sangat baik. Hasil uji validitas media diperoleh rata – rata 0.9 dan uji validitas materi rata rata 0.86 dengan kategori baik. Hasil uji kepraktisan one to one nilai rata-rata sebesar 93.3% dengan kategori sangat mudah digunakan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa game pembelajaran fisika adalah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAfrizon, RenolUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Wahyuni SatriaUNSPECIFIED
CorrectorHidayat, RahmatUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Jan 2024 03:39
Last Modified: 11 Jan 2024 03:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49432

Actions (login required)

View Item View Item