Pengaruh Variasi Iron Oxide dan Talc dari Pembuatan Cream Foundation Tterhadap Absorpsi dan Reflektansi pada Cahaya Tampak

Aryani, Nadia Raisa (2023) Pengaruh Variasi Iron Oxide dan Talc dari Pembuatan Cream Foundation Tterhadap Absorpsi dan Reflektansi pada Cahaya Tampak. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Nadia_Raisa_Aryani_19034072_8793_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Foundation adalah kosmetik yang berfungsi untuk menutupi warna yang tidak rata pada kulit dan memberikan warna menyerupai warna dasar pada kulit. Salah satu contoh foundation adalah berbentuk krim. Cream Foundation mengandung pewarna organik seperti Iron oxide, Zinc oxide, Titanium dioxide. Iron oxide berwarna kuning, merah dan hitam biasanya digunakan dalam pemberian warna cream foundation. Iron oxide dapat ditambahkan ke bahan foundation untuk meningkatkan penyerapan dan perlindungan dari radiasi sinar tampak dan UV. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat pilihan warna (shades) yang tepat pada cream foundation, menentukan pemantulan dan penyerapan gelombang pada cahaya tampak dengan produk cream foundation serta menentukan panjang gelombang masing-masing iron oxide yang terlihat pada cahaya tampak menggunakan spektrofotometri UV-VIS. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan spektrofotometer UV-Vis untuk menyelidiki pantulan dan serapan gelombang pada cahaya tampak. Berdasarkan hasil pengujian, absorbansi maksimum terdapat pada sampel 3. Sedangkan untuk reflektansi maksimum terdapat pada sampel 2. Nilai penyerapan meningkat seiring dengan penambahan konsentrasi besi oksida. Semakin besar total konsentrasi suatu sampel maka nilai absorbansinya juga semakin besar. Sedangkan untuk pengaruh dari variasi iron oxide terhadap reflektansi pada cahaya tampak adalah bahwa semakin kecil total konsentrasi suatu sampel maka nilai reflektansinya juga semakin besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJonuarti, RiriUNSPECIFIED
CorrectorRatnawulan, RatnawulanUNSPECIFIED
CorrectorDarvina, YenniUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Jan 2024 03:38
Last Modified: 11 Jan 2024 03:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49427

Actions (login required)

View Item View Item