Putri, Archi Armelya
(2023)
Implementasi Metode Mutaba’ah
dalam Kedisiplinan Siswa Menghafal Al-Qur’an di SDN 52 Parupuk Tabing.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Untuk membentuk karakter religius pada siswa, Pemerintah Kota Padang
mengeluarkan surat edaran yang mewajibkan setiap lulusan SD/MI dan SMP/MT
yang beragama islam untuk menghafal Al-Quran juz 30. Terdapat kendala dalam
menghafal Al Quran di SDN 52 Parupuk Tabing. Berdasarkan observasi pada
tanggal 17/9/2022, ditemukan beberapa siswa yang tidak memiliki motivasi
tersendiri untuk menghafal, ada juga siswa yang masih belum lancar membaca Al-Qur’an. Dengan menggunakan metode hafalan Al-Qur'an dapat mempermudah
siswa dalam menghafal. Di SD Negeri 52 Parupuk Tabing memilih menggunakan
metode mutaba’ah pada kelas atas (kelas 4, 5 dan 6).
Tujuan penelitian adalah mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan
evaluasi metode Mutaba'ah dalam menumbuhkan memotivasi siswa menghafal
Al-Qur'an. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif
dengan pendekatan deskriptif. Data yang diperoleh untuk mendukung penelitian
ini adalah berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: 1. Perencanaan,
pada langkah pertama ini diketahui bahwa perencanaan program Tahfidz Juz 30
menggunakan metode Mutaba'ah 7 langkah yaitu: a) melakukan perencanaan
awal, b) memperhatikan tujuan pembuatan program, c) menetapkan metode, d)
menentukan tempat dan waktu, e) menentukan target hafalan, f) menentukan
kriteria guru yang bertanggung jawab dan g) menyampaikan harapan untuk
program Tahfidz Juz 30. 2. Pelaksanaan program Tahfidz Juz 30 menggunakan
metode Mutaba'ah. Implementasi meliputi langkah-langkah yang guru terapkan
dan keterbatasan proses implementasi yang mereka hadapi. 3. Evaluasi, di SDN
52 Parupuk Tabing evaluasi yang dilakukan dengan penilaian pertama dari guru,
penilaian ini meliputi penilaian mingguan dan penilaian akhir semester. Penilaian
yang kedua kemudian merupakan penilaian yang dilakukan oleh siswa itu sendiri,
dimana siswa dapat mengukur daya ingatnya sendiri
Actions (login required)
|
View Item |