Implementasi Metode Mutaba’ah dalam Kedisiplinan Siswa Menghafal Al-Qur’an di SDN 52 Parupuk Tabing

Putri, Archi Armelya (2023) Implementasi Metode Mutaba’ah dalam Kedisiplinan Siswa Menghafal Al-Qur’an di SDN 52 Parupuk Tabing. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_ARCHI_ARMELYA_PUTRI_19329154_5436_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Untuk membentuk karakter religius pada siswa, Pemerintah Kota Padang mengeluarkan surat edaran yang mewajibkan setiap lulusan SD/MI dan SMP/MT yang beragama islam untuk menghafal Al-Quran juz 30. Terdapat kendala dalam menghafal Al Quran di SDN 52 Parupuk Tabing. Berdasarkan observasi pada tanggal 17/9/2022, ditemukan beberapa siswa yang tidak memiliki motivasi tersendiri untuk menghafal, ada juga siswa yang masih belum lancar membaca Al-Qur’an. Dengan menggunakan metode hafalan Al-Qur'an dapat mempermudah siswa dalam menghafal. Di SD Negeri 52 Parupuk Tabing memilih menggunakan metode mutaba’ah pada kelas atas (kelas 4, 5 dan 6). Tujuan penelitian adalah mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi metode Mutaba'ah dalam menumbuhkan memotivasi siswa menghafal Al-Qur'an. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang diperoleh untuk mendukung penelitian ini adalah berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: 1. Perencanaan, pada langkah pertama ini diketahui bahwa perencanaan program Tahfidz Juz 30 menggunakan metode Mutaba'ah 7 langkah yaitu: a) melakukan perencanaan awal, b) memperhatikan tujuan pembuatan program, c) menetapkan metode, d) menentukan tempat dan waktu, e) menentukan target hafalan, f) menentukan kriteria guru yang bertanggung jawab dan g) menyampaikan harapan untuk program Tahfidz Juz 30. 2. Pelaksanaan program Tahfidz Juz 30 menggunakan metode Mutaba'ah. Implementasi meliputi langkah-langkah yang guru terapkan dan keterbatasan proses implementasi yang mereka hadapi. 3. Evaluasi, di SDN 52 Parupuk Tabing evaluasi yang dilakukan dengan penilaian pertama dari guru, penilaian ini meliputi penilaian mingguan dan penilaian akhir semester. Penilaian yang kedua kemudian merupakan penilaian yang dilakukan oleh siswa itu sendiri, dimana siswa dapat mengukur daya ingatnya sendiri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWiza, RahmiUNSPECIFIED
CorrectorRahman, RiniUNSPECIFIED
CorrectorMurniyetti, MurniyettiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: IMPLEMENTASI METODE MUTABA’AH
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 10 Jan 2024 08:28
Last Modified: 10 Jan 2024 08:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49417

Actions (login required)

View Item View Item