Strategi Pengembangan Objek Wisata Konservasi Penyu di Kenagarian Amping Parak Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan

Salma, Salma (2023) Strategi Pengembangan Objek Wisata Konservasi Penyu di Kenagarian Amping Parak Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_SALMA_17045030_6298_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis potensi daya tarik wisata edukasi yang ada di Konservasi Penyu Kenagarian Amping Parak Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. (2) Mengetahui strategi Pengembangan wisata edukasi konservasi penyu di Kenagarian Amping Parak Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data yang digunakan melalui informan penelitian (1) kepala dinas kebudayaan dan parawisata (2) bidang pengembangan usaha wisata (3) seksi objek dan daya tarik wisata (4) seksi promosi dan pameran (5) pokmaswas laskar pemuda peduli lingkungan. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan trigulasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik Miles dan Huberman untuk menganalisis daya tarik dan analisis tapak untuk perencanaan. Hasil penelitian ini adalah (1) potensi daya tarik objek wisata edukasi konservasi penyu di Kenagarian Amping Parak Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan yang ditemukan terbagi atas tiga kelompok, pertama atraksi wisata masih berasal dari alam yang dimana konservasi penyu ini masih sangat asri dan kemudian memiliki habitat asli penyu, kedua amenitas belum maksimal sebab masih ada fasilitas yang harus ditambah demi menarik wisatawan, ketiga aksesibilitas cukup baik karena jalan sudah permanen, banyak jalan alternatif dan kondisinya juga baik. (2) strategi pengembangan mengunakan analisis tapak yang dilakukan di konservasi penyu Kenagarian Amping Parak Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan tepat dijadikan sebagai wisata edukasi yang mana karakteristik iklim dan lingkunganya sangat mendukung sesuai dengan habitat dari penyu. Program yang dirancang berbentuk paket wisata dan untuk anak sekolah disesuaikan dengan kurikulum yang ada mencangkup siswa TK, SD, SMP, SMA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMariya, SriUNSPECIFIED
CorrectorSuasti, YurniUNSPECIFIED
CorrectorNovio, ReriUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 10 Jan 2024 08:20
Last Modified: 10 Jan 2024 08:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49415

Actions (login required)

View Item View Item