Harmonisasi antara Orang Minangkabau dan Orang Batak di Nagari Pauah Studi Etnografi Hubungan Antar Sukubangsa di Nagari Pauah Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman

Idris, Rahmat (2023) Harmonisasi antara Orang Minangkabau dan Orang Batak di Nagari Pauah Studi Etnografi Hubungan Antar Sukubangsa di Nagari Pauah Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_RAHMAT_IDRIS_18058099_6299_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan bahwa orang dengan sukubangsa yang berbeda dapat hidup dengan harmonis. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana orang Minangkabau dan orang Batak bisa meredam konflik pribadi agar tidak meluas menjadi konflik kelompok, dan juga menjelaskan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya harmonisasi antara orang Minangkabau dan orang Batak di Nagari Pauah, serta mendeskripsikan tentang harmonisasi yang terjadi antar Orang Minangkabau dan Orang Batak di Nagari Pauah. Teori dalam penelitian ini adalah teori pluralisme budaya dari Horrace Kallen. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus. Teknik pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling dengan 15 informan. Pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analasis data dilakukan dengan model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang Minangkabau dan orang Batak dapat meredam konflik pribadi agar tidak meluas menjadi konflik kelompok karena orang Minangkabau dan orang Batak menyadari bahwa berkonflik itu tidak baik,dan orang Minangkabau dan orang Batak memliki perasaan malu jika bertengkar serta mereka selalu mengutamakan kekeluargaan untuk menyelesaikan masalah yang terjadi, serta juga menunjukkan bahwa harmonisasi yang terjadi antar orang Minagkau dan orang Batak karena interaksi sosial yang dibangun selama ini berjalan dengan baik, sikap saling menghargai antar orang Minangkabau dan orang Batak, serta adanya solidaritas sosial antar orang Minangkabau dan orang Batak itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFebrianto, AdriUNSPECIFIED
CorrectorFitriani, ErdaUNSPECIFIED
CorrectorHidayat, MuhammadUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 10 Jan 2024 04:18
Last Modified: 10 Jan 2024 04:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49401

Actions (login required)

View Item View Item