Algoritma K - Nearest Neighbor terhadap Peluang menjadi Aktivis Kampus pada Mahasiswa Matematika Universitas Negeri Padang

Gusvino, Muhammad Fadhli (2023) Algoritma K - Nearest Neighbor terhadap Peluang menjadi Aktivis Kampus pada Mahasiswa Matematika Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_Muhammad_Fadhli_Gusvino_18030096_8837_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi apakah mahasiswa matematika Univesitas Negeri Padang yang berpeluang untuk menjadi aktivis kampus menggunakan algoritma K-Nearest Neighbor (KNN), penelitian ini akan bisa dijadikan patokan untuk menghitung seberapa banyak mahasiswa matematika yang bisa untuk menjadi aktivis di Universitas Negeri Padang. Algoritma KNearest Neighbor (KNN) adalah sebuah algoritma pembelajaran mesin yang memiliki ketahanan terhadap data latih yang terdapat banyak noise dan lebih efektif untuk data yang berukuran besar, algoritma K-nearest neighbor juga merupakan salah satu algoritma terbaik untuk digunakan mengolah data dalam melakukan klasifikasi. Algoritma K-Nearest Neighbor sendiri sebuah proses klasifikasi data yang berbasis jarak dalam menentukan kedekatan antara data yang menjadi data tetangga (neighbor) terdekatnya dan memilih kelas atau kategori berdasarkan kategori K tetangga terdekat. Dalam penelitian ini untuk langkah pertama dikumpulkan data mahasiswa matematika berdasarkan beberapa faktor yang mempengaruhi untuk menjadi aktivis, dan melakukan analisis mencari jarak menggunakan Euclidean Distance, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh mahasiswa matematika 26% dikategorikan sebagai aktivis, 28% berpeluang bisa untuk menjadi aktivis dan 46% tidak sebagai aktivis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmad,, DefriUNSPECIFIED
CorrectorArnellis, ArnellisUNSPECIFIED
CorrectorSubhan, MuhammadUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:15
Last Modified: 10 Jan 2024 03:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49400

Actions (login required)

View Item View Item