Islamianti, Islamianti
(2023)
Analisis Bibliometrik: Tren Penelitian Augmented Reality di
Indonesia dalam Pembelajaran Fisika.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pembelajaran abad 21 menuntut adanya integrasi teknologi dalam
pembelajaran. Salah satunya teknologi dalam pembelajaran Fisika adalah
Augmented Reality (AR) yang belum banyak diketahui oleh pendidik. Penelitian
ini bertujuan untuk melakukan analisis bibliometrik terhadap tren penelitian
Augmented Reality (AR) dalam konteks pembelajaran Fisika di Indonesia dalam
tahun 2016-2023, menganalisis jenjang pendidikan apa AR disajikan dalam
konteks pembelajaran Fisika, menganalisis informasi tentang materi Fisika telah
terintegrasi dalam konteks pembelajaran Fisika dan menganalisis jenis AR yang
banyak digunakan. Penelitian yang dilakukan menggunakan jenis penelitian
deskriptif dengan metode visualisasi dan analisis bibliometrik. Penelitian ini
mengadopsi metode penelitian kuantitatif deskriptif. Publikasi yang dipilih adalah
publikasi yang diterbitkan pada tahun (2016-2023) dengan menggunakan Publish
or Perish dan perangkat lunak VOSViewer.
Berdasarkan yang telah dianalisis 40 artikel dari total 2072 artikel,
penelitian ini bisa lebih mendalam dalam mengeksplorasi tren Augmented Reality.
Ada kriteria khusus yang dijadikan dasar pemilihan artikel, seperti relevansi
dengan topik penelitian. Penggunaan VOSviewer untuk membuat peta dapat
memberikan pandangan visual yang jelas tentang hubungan antarartikel dan tren
yang muncul, sehingga memudahkan pemahaman dan sintesis informasi. Kriteria
pemilihan yang cermat dapat memastikan bahwa artikel yang dipilih relevan dan
kontributif terhadap topik penelitian. Penggunaan VOSviewer untuk membuat peta
visual juga merupakan pendekatan untuk menyajikan informasi dengan cara yang
mudah dimengerti.
Dalam penelitian ini peneliti memilih menggunakan data sekunder. Data
sekunder yang dipilih peneliti adalah artikel yang telah dipublikasikan dan
terindeks oleh Google Scholar, Crossref, dan Scopus. Hasil penelitian yang
didapat adalah pada tahun 2020 merupakan tahun yang meningkatnya
perkembangan AR dalam pembelajaran Fisika. Bahwa jenjang pendidikan yang
paling banyak menggunakan AR adalah SMA. Materi Fisika yang banyak
terintegrasi AR adalah Tata Surya dan Pemanasan Global. Dan Jenis AR yang
banyak digunakan adalah 3D dan Marker-Based dengan Android.
Actions (login required)
|
View Item |