Analisis Bibliometrik: Tren Penelitian Augmented Reality di Indonesia dalam Pembelajaran Fisika

Islamianti, Islamianti (2023) Analisis Bibliometrik: Tren Penelitian Augmented Reality di Indonesia dalam Pembelajaran Fisika. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_ISLAMIANTI_19033099_8298_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran abad 21 menuntut adanya integrasi teknologi dalam pembelajaran. Salah satunya teknologi dalam pembelajaran Fisika adalah Augmented Reality (AR) yang belum banyak diketahui oleh pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis bibliometrik terhadap tren penelitian Augmented Reality (AR) dalam konteks pembelajaran Fisika di Indonesia dalam tahun 2016-2023, menganalisis jenjang pendidikan apa AR disajikan dalam konteks pembelajaran Fisika, menganalisis informasi tentang materi Fisika telah terintegrasi dalam konteks pembelajaran Fisika dan menganalisis jenis AR yang banyak digunakan. Penelitian yang dilakukan menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode visualisasi dan analisis bibliometrik. Penelitian ini mengadopsi metode penelitian kuantitatif deskriptif. Publikasi yang dipilih adalah publikasi yang diterbitkan pada tahun (2016-2023) dengan menggunakan Publish or Perish dan perangkat lunak VOSViewer. Berdasarkan yang telah dianalisis 40 artikel dari total 2072 artikel, penelitian ini bisa lebih mendalam dalam mengeksplorasi tren Augmented Reality. Ada kriteria khusus yang dijadikan dasar pemilihan artikel, seperti relevansi dengan topik penelitian. Penggunaan VOSviewer untuk membuat peta dapat memberikan pandangan visual yang jelas tentang hubungan antarartikel dan tren yang muncul, sehingga memudahkan pemahaman dan sintesis informasi. Kriteria pemilihan yang cermat dapat memastikan bahwa artikel yang dipilih relevan dan kontributif terhadap topik penelitian. Penggunaan VOSviewer untuk membuat peta visual juga merupakan pendekatan untuk menyajikan informasi dengan cara yang mudah dimengerti. Dalam penelitian ini peneliti memilih menggunakan data sekunder. Data sekunder yang dipilih peneliti adalah artikel yang telah dipublikasikan dan terindeks oleh Google Scholar, Crossref, dan Scopus. Hasil penelitian yang didapat adalah pada tahun 2020 merupakan tahun yang meningkatnya perkembangan AR dalam pembelajaran Fisika. Bahwa jenjang pendidikan yang paling banyak menggunakan AR adalah SMA. Materi Fisika yang banyak terintegrasi AR adalah Tata Surya dan Pemanasan Global. Dan Jenis AR yang banyak digunakan adalah 3D dan Marker-Based dengan Android.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMufit, FatniUNSPECIFIED
CorrectorRatnawulan, RatnawulanUNSPECIFIED
CorrectorSari, Silvi YuliaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:03
Last Modified: 10 Jan 2024 03:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49396

Actions (login required)

View Item View Item