Pengaruh Metode Latihan Circuit Training Shooting dan Circuit Training Kekuatan Otot Lengan Terhadap Kemampuan Medium Shoot pada Atlet Bola Basket Putera Klub Binuang Sakti Sijunjung

Habib, Anugrah Muhammad (2023) Pengaruh Metode Latihan Circuit Training Shooting dan Circuit Training Kekuatan Otot Lengan Terhadap Kemampuan Medium Shoot pada Atlet Bola Basket Putera Klub Binuang Sakti Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_Anugrah_muhammad_habib_18089030_4485_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini masih banyak atlet klub binuang sakti bola basket yang kurang atau kesulitan pada saat melakukan shooting. Kurangnya variasi pelatih untuk meningkatkan latihan circuit training pada saat melakukan shooting yang dapat mengakibatkan kesulitan atlet saat melakukannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan circuit training shooting dan circuit training kekuatan otot lengan untuk meningkatkan kemampuan medium shoot pada atlet bola basket putera Klub Binuang Sakti Sijunjung, dan untuk mengetahui mana yang lebih efektif antara latihan circuit training shooting dan circuit training kekuatan otot lengan untuk meningkatkan kemampuan medium shoot. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen dengan desain two group pretest- posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet bola basket putera Klub Binuang Sakti Sijunjung. Teknik pengambilan sampel adalah dengan teknik Purposive Sampling, Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 atlet. Analisis data dan pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis komparasi dengan menggunakan rumus uji beda mean (uji t) dan (uji t-test independen) dengan taraf signifikan α = 0,05. Dari analisis data yang dilakukan diperoleh hasil : (1) Terdapat pengaruh metode latihan circuit training shooting terhadap kemampuan medium shoot pada atlet bola basket putera klub Binuang Sakti Sijunjung, dengan perolehan koefisien uji “t” thitung = 2,846 > ttabel = 1,833.(2) Terdapat pengaruh metode latihan circuit training kekuatan otot lengan terhadap kemampuan medium shoot pada atlet bola basket putera klub Binuang Sakti Sijunjung, dengan perolehan koefisien uji “t” yaitu thitung thitung = 2,514 > ttabel = 1,833. (3) Metode latihan circuit training shooting lebih efektif dari metode latihan circuit training otot lengan untuk meningkatkan kemampuan medium shoot pada atlet bola basket putera klub Binuang Sakti Sijunjung, dengan perolehan koefisien uji “t-test” yaitu , th > tt (1,762 > 1,734).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDinata, Windo WiriaUNSPECIFIED
CorrectorHaris, FahmilUNSPECIFIED
CorrectorSusanto, NugrohoUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 09 Jan 2024 08:51
Last Modified: 09 Jan 2024 08:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49375

Actions (login required)

View Item View Item