Pengembangan Instrumen Pengukuran pada Eksperimen GLBB Menggunakan Infrared Obstacle Avoidance Sensor Module dan MPU 6050 Berbasis Mikrokontroler ATmega32U4

Wijaya, Ilham Hafidzh (2023) Pengembangan Instrumen Pengukuran pada Eksperimen GLBB Menggunakan Infrared Obstacle Avoidance Sensor Module dan MPU 6050 Berbasis Mikrokontroler ATmega32U4. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Ilham_Hafidzh_Wijaya_16034061_8357_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Ilmu fisika berperan penting dalam kemajuan teknologi dan perkembangan manusia. Banyak fenomena alam yang dapat dijelaskan melalui penelitian dan eksperimen fisika. Pengembangan alat eksperimen pada saat ini menjadi penting untuk memfasilitasi pemahaman mendalam terhadap konsep-konsep fisika melalui metode eksperimen. Eksperimen fisika tentang pengukuran pada gerak lurus berubah beraturan umumnya dilakukan secara manual dengan alat ukur standar. Namun, keterbatasan dalam metode manual ini menyebabkan kegiatan pengukuran menjadi kurang praktis dan rentan dengan kesalahan. Untuk mengatasi permasalahan ini, dikembangkan suatu alat eksperimen yang dilengkapi dengan instrumen pengukuran digital otomatis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis spesifikasi desain dan spesifikasi performansi alat eksperimen yang dikembangkan. Spesifikasi performansi mencakup lintasan sepanjang 2 m dan lebar 13 mm, dengan penerapan motor servo, Infrared Obstacle Avoidance Sensor Module, dan MPU 6050. Spesifikasi desain pada alat eksperimen ini diperoleh ketepatan pengukuran sudut 92%, ketepatan pengukuran waktu 89%, ketepatan pengukuran kecepatan 87%, serta ketelitian pengukuran waktu 92%. Hasil penelitian ini memberikan pandangan mendalam tentang karakteristik alat eksperimen yang lebih baik dalam menerapkan konsep gerak lurus berubah beraturan. Dengan demikian, alat eksperimen baru ini memiliki potensi besar dalam mendukung pembelajaran dan penelitian di bidang fisika melalui pendekatan eksperimen yang lebih praktis dan akurat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYohandri, YohandriUNSPECIFIED
CorrectorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
CorrectorYulkifli, YulkifliUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 09 Jan 2024 07:20
Last Modified: 09 Jan 2024 07:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49363

Actions (login required)

View Item View Item