Marlina, Ice
(2023)
Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Pembelajaran
Berdiferensiasi Proses Berdasarkan Kesiapan Belajar
dengan Gaya Belajar Pada Materi Larutan Penyangga.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kurikulum merdeka menuntut proses pembelajaran menggunakan
pembelajaran berdiferensiasi. SMAN 15 Padang belum menerapkan pembelajaran
berdiferensiasi sepenuhnya karena beberapa kendala, padahal pembelajaran
berdiferensiasi dituntut pada kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui perbedaan hasil belajar antara pembelajaran berdiferensiasi proses
berdasarkan kesiapan belajar dengan gaya belajar.
Metode penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian
posttest-only control design. Teknik pengambilan sampel adalah purposive
sampling. Kelas eksperimen I kelas Fase F1 dan kelas eksperimen II kelas Fase
F9. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes soal essay
terstruktur atau SEDToC (Structure Essay Diagnostic Text of Chemistry). Data
penelitian yang diperoleh dianalisis menggunakan SPSS yang di uji normalitas,
homogenitas dan uji t.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa uji t
test yang diperoleh 0,000 < 0,05 maka H
0
ditolak dan H
a
diterima atau hasil
belajar peserta didik pada pembelajaran berdiferensiasi kesiapan belajar lebih
tinggi secara signifikan pembelajaran berdiferensiasi gaya belajar.
Actions (login required)
|
View Item |