Perbandingan Metode Prediksi Galat dalam Pemodelan Klasifikasi dengan Metode Classification and Regression Tree untuk Data Seimbang

Ramadhani, Fitria Panca (2023) Perbandingan Metode Prediksi Galat dalam Pemodelan Klasifikasi dengan Metode Classification and Regression Tree untuk Data Seimbang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_Fitria_Panca_Ramadhani_18337046_7563_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Classification and Regression Tree (CART) adalah salah satu algoritma klasifikasi dalam metode decision tree. Model yang dibentuk dalam CART adalah pohon yang terdiri dari root node, internal node, dan terminal node. Keakuratan model akan dihitung melalui tingkat kesalahan prediksi pada model. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan metode prediksi laju galat. Terdapat tiga metode dalam metode prediksi laju galat yaitu Leave One Out Cross Validation (LOOCV), Hold Out (HO), dan K-Fold Cross Validation. Ketiga metode tersebut memiliki kinerja yang berbeda dalam membagi data menjadi data training dan data testing sehingga masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangan masingmasing. Oleh karena itu, dilakukan perbandingan untuk ketiga metode prediksi laju galat tersebut dengan tujuan menentukan metode prediksi laju galat yang tepat untuk algoritma CART. Penelitian ini menggunakan bilangan acak berdistribusi normal dengan mempertimbangkan beberapa faktor seperti variasi rata-rata, jumlah variabel, dan korelasi. Hasil perbandingan nantinya diamati menggunakan boxplot dengan melihat median laju galat dan variasi terendah. Data yang dibangkitkan dibagi menjadi data training dan data testing sesuai dengan kinerja masing-masing metode prediksi laju galat setelahnya data training membentuk model dengan menggunakan algoritma CART. Model ini nantinya diuji menggunakan data testing dengan menghitung banyaknya galat yang terdapat model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa K-Fold Cross Validation memiliki median laju galat dan variasi yang paling rendah dibandingkan metode LOOCV dan HO, sehingga metode prediksi laju galat yang paling sesuai digunakan untuk algoritma CART adalah metode K-Fold Cross Validation.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorVionanda, DodiUNSPECIFIED
CorrectorSyafriandi, SyafriandiUNSPECIFIED
CorrectorSalma, AdmiUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 09 Jan 2024 01:33
Last Modified: 09 Jan 2024 01:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49344

Actions (login required)

View Item View Item