Analisis Kebijakan Alokasi Dana Desa dalam Menunjang Pembangunan di Desa Sungai Baung Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu

Andini, Maya (2023) Analisis Kebijakan Alokasi Dana Desa dalam Menunjang Pembangunan di Desa Sungai Baung Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_MAYA_ANDINI_19042016_6134_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui analisis kebijakan alokasi dana desa dalam menunjang pembangunan di Desa Sungai Baung Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Untuk lokasi penelitian dilaksanakan di Desa Sungai Baung Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu. Dalam menentukan informan peneliti menggunakan metode dan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini menggunakan jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menguji keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi metode. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis alokasi dana desa dalam menunjang pembangunan di desa Sungai Baung Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu berdasarkan pada Peraturan Bupati Indragiri Hulu Nomor 42 Tahun 2020 dimana dalam proses penganggaran melalui prosedur prencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban. Alokasi dana desa telah mengikuti aturan petunjuk teknis yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan, namun dalam prosesnya masih belum optimal. Hal ini untuk proses pelaporan realisasi penggunaan ADD belum sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan sehingga menyebabkan keterlambatan pencairan dana untuk tahapan berikutnya. Begitupula dengan pertanggungjawaban kepada Pemerintah daerah yang tidak dilaksanakan dengan tepat waktu. Keterlambatan dalam pembuatan laporan dan penyerahan pertanggung jawaban yang disebabkan karena kurangnya sumber daya manusia. Sedangkan faktor penghambat meliputi kurangnya pemahaman masyarakat terhadap petunjuk teknis alokasi dana desa untuk pembangunan, serta keterbatasan lahan yang menjadi hambatan dalam upaya pembangunan di Desa Sungai Baung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMalau, HasbullahUNSPECIFIED
CorrectorDt. Maani, KarjuniUNSPECIFIED
CorrectorYusran, RamadaniUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 09 Jan 2024 01:33
Last Modified: 11 Jan 2024 01:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49343

Actions (login required)

View Item View Item