Analisis Sistem Pengendalian Internal Penerimaan dan Pengeluaran Kas Pada PT. Jasa Raharja . (Studi Kasus Pada PT. Jasa Raharja Perwakilan Bukittinggi).

Rindyani, Rindyani (2023) Analisis Sistem Pengendalian Internal Penerimaan dan Pengeluaran Kas Pada PT. Jasa Raharja . (Studi Kasus Pada PT. Jasa Raharja Perwakilan Bukittinggi). Diploma thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
B1_6_RINDYANI_19133076_2326_2023.pdf

Download (966kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana sistem pengendalian internal terhadap penerimaan dan pengeluaran kas pada PT. Jasa Raharja Perwakilan Bukitinggi. Karena sistem pengendalian internal dibentuk untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan pokok perusahaan seperti pemisahan fungsi operasional, yaitu memisahkan fungsi penyimpanan dan fungsi pencatatan. Sistem pengendalian internal yang lemah akan mengakibatkan kekayaan perusahaan tidak terjamin keamanannya. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu metode kualitatif dengan melakukan penelitian melalui observasi, pengamatan dan wawancara secara langsung. Penelitian ini dilakukan di PT. Jasa Raharja Perwakilan Bukittinggi, yang beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan No.7, Aur Tajungkang Tengah Sawah, Kec.Guguak Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Penerimaan kas pada PT. Jasa Raharja bersumber dari sumbangan wajib dan iuran wajib. Sementara itu PT. Jasa Rahrja juga memiliki kewajiban dalam Pengeluaran kas dalam pemberian dana santunan bagi korban kecelakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan sistem pengendalian internal penerimaan dan pengeluaran kas PT. Jasa Raharja Perwakilan Bukittinggi secara keseluruhan belum memadai. Karena masih didapatkan perangkapan tugas yang dilakukan oleh pegawai, penerimaan kas tidak disetorkan secara langsung pada hari yang sama dan pemberian otorisasi berkas tidak hanya dilakukan oleh bagian yang berwenang saja, namun karyawam lainnya dapat melakukan otorisasi berkas dengan meniru tanda tangan pimpinan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAfriyenti, MayarUNSPECIFIED
CorrectorHelmy, HerlinaUNSPECIFIED
CorrectorPebriyani, DewiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, PENERIMAAN KAS, PENGELUARAN KAS
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AC Collections. Series. Collected works

H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:37
Last Modified: 08 Jan 2024 07:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49336

Actions (login required)

View Item View Item