Pengaruh Variasi Komposisi Serat Pelepah Pisang dengan Matriks Poliuretan pada Panel Komposit terhadap Sifat Akustik dan Porositas

Oktavia, Vini (2023) Pengaruh Variasi Komposisi Serat Pelepah Pisang dengan Matriks Poliuretan pada Panel Komposit terhadap Sifat Akustik dan Porositas. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_VINI_OKTAVIA_19034093_2570_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Polusi suara yang berakibatkan pada kebisingan dapat merusak kesehatan, mempengaruhi kenyamanan seseorang, stress ringan, dan aktivitas yang kita lakukan tidak berjalan dengan lancar. Salah satu upaya dalam mengatasi kebisingan yang disebabkan oleh polusi suara adalah dengan membuat bahan material yang bersifat akustik. Bahan material yang dibuat dalam peneitian ini berasal dari serat pelepah pisang dengan matriks poiuretan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi komposisi serat pelepah pisang dengan matriks poliuretan pada panel komposit terhadap nilai koefisien refleksi bunyi, koefisien absorpsi bunyi, transmission loss bunyi dan porositas. Metoda yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan alat karakterisasi berupa tabung impedansi satu mikrofon dan alat uji porositas. Pada penelitian ini dilakukan variasi komposisi panel komposit dengan variasi serat dan matriks yaitu 60%:40%, 70%:30% dan 80%:20%. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa semakin banyak jumlah komposisi serat yang digunakan maka nilai koefisien absorpsi bunyi, transmission loss bunyi dan porositas meningkat sedangkan nilai koefisien refleksi bunyi menurun. Jika frekuensi yang digunakan semakin tinggi maka nilai koefisien absorpsi bunyi dan transmission loss meningkat sedangkan koefisien refleksi bunyi menurun untuk seluruh frekuensi. Jika porositas semakin tinggi maka sifat akustik semakin bagus, ditandai dengan nilai koefisien absorpsi bunyi dan nilai transmission loss bunyi yang meningkat dan memenuhi standar ISO 11654:1997.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDarvina, YenniUNSPECIFIED
CorrectorRamli, RamliUNSPECIFIED
CorrectorHidayat, RahmatUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGARUH VARIASI KOMPOSISI PANEL KOMPOSIT
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 08 Jan 2024 06:26
Last Modified: 08 Jan 2024 06:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49328

Actions (login required)

View Item View Item