Pengaruh Penambahan Carboxy Methyl Cellulose (CMC) pada Plasticizer Gliserol terhadap Sifat Fisik Plastik Biodegradable Berbahan Dasar Talas (Colocasia esculenta)

Wuskha, Urwatil (2023) Pengaruh Penambahan Carboxy Methyl Cellulose (CMC) pada Plasticizer Gliserol terhadap Sifat Fisik Plastik Biodegradable Berbahan Dasar Talas (Colocasia esculenta). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_URWATIL_WUSKHA_19034040_6261_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Plastik sintetis yang saat ini banyak digunakan menimbulkan ancaman bagi lingkungan karena tidak dapat terurai secara hayati dan berasal dari sumber petrokimia yang tidak terbarukan. Penggunaan plastik telah menghasilkan ratusan juta ton sampah pertahun secara global sedangkan waktu penggunaannya rata-rata kurang dari 25 menit. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengurangi pemakaian plastik sintetis adalah dengan mengembangkan plastik biodegradable dengan menggunakan biopolimer seperti pati, gluten, dan guar gum. Salah satu bahan yang dapat digunakan sebagai biodegradable adalah pati talas. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penambahan CMC terhadap sifat fisik plastik biodegradable berbahan dasar pati talas. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan variabel bebasnya adalah jumlah penambahan Carboxy methyl Cellulose (CMC), variabel kontrolnya adalah massa pati, plasticizer gliserol, aquades, dan ketebalan sampel yaitu 0,24 mm. Pengujian yang dilakukan meliputi uji kuat tarik dan elongasi serta uji ketahanan air dan uji kemampuan plastik biodegradable untuk terdegradasi di tanah. Penambahan Carboxy methyl Cellulose (CMC) berperan dalam meningkatkan kekuatan tarik dan nilai elongasi plastik biodegradable. Penelitian ini dilakukan dengan memvariasikan CMC sebanyak 15%, 20% , 25%, 30%, dan 35% (b/b pati) dengan bahan pencampur pati talas sebanyak 5 gram dan konsentrasi plasticizer gliserol sebanyak 3 ml. Hasil pengujian menunjukkan bahwa penambahan jumlah CMC sebanyak 15%-35% b/b pati memberikan pengaruh terhadap peningkatan nilai kuat tarik dan nilai elongasi plastik. Penambahan jumlah CMC sebanyak 15%-35% b/b pati memberikan pengaruh terhadap peningkatan persen degradasi dan penurunan ketahanan air plastik biodegradable. Nilai kuat tarik, elongasi, dan biodegradasi terbaik diperoleh dari penambahan 35% CMC b/b pati dan ketahanan air terbaik diperoleh dari penambahan CMC sebanyak 15% b/b pati

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRatnawulan, RatnawulanUNSPECIFIED
CorrectorGusnedi, GusnediUNSPECIFIED
CorrectorHidayat, RahmatUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGARUH PENAMBAHAN CARBOXY METHYL CELLULOSE (CMC)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 08 Jan 2024 06:26
Last Modified: 08 Jan 2024 06:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49327

Actions (login required)

View Item View Item