Pembuatan Plastik Biodegradable Berbahan Dasar Pati Jagung (Amylum Maydis) dengan Penambahan Asam Asetat (CH3COOH) dan Plasticizer Gliserol

Sari, Desti Yuspita (2023) Pembuatan Plastik Biodegradable Berbahan Dasar Pati Jagung (Amylum Maydis) dengan Penambahan Asam Asetat (CH3COOH) dan Plasticizer Gliserol. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_DESTI_YUSPITA_SARI_19034055_7516_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Hampir semua negara menghadapi masalah sampah plastik karena banyaknya produksi plastik konvensional dan proses degradasi yang lama. Oleh karena itu, untuk melindungi alam dari penumpukan sampah plastik, penelitian tentang plastik biodegradable perlu dilakukan. Plastik biodegradable terbuat dari pati, selulosa, kitosan, dan protein yang diekstraksi dari biomassa terbarukan. Pati untuk pembuatan plastik biodegradable dapat diperoleh dari tanaman salah satunya adalah jagung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komposisi asam asetat, gliserol dan pati jagung terhadap kualitas plastik biodegradable yang meliputi kuat tarik, elongasi dan biodegradasi. Penelitian ini jenisnya eksperimen. Variabel bebas penelitian adalah variasi asam asetat dan gliserol. Variabel kontrol ukuran cetakan plastik,massa pati jagung 5 gram, senyawa lain di luar variabel bebas. Variabel terikat adalah kuat tarik, elongasi dan biodegradasi. Untuk menguji kekuatan tarik dan elongasi plastik biodegradable digunakan Ultimate Testing Machine Mini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan asam asetat dan gliserol pada bahan pencampur pati jagung dan gliserol memberikan pengaruh terhadap meningkatnya nilai kuat tarik serta menurunkan nilai elongasi dan biodegradasi plastik biodegradable. Nilai kuat tarik tertinggi yaitu sebesar 50,04 Mpa, didapat dari penambahan asam asetat sebanyak 1,44 % dan gliserol sebanyak 35,71 % dari volume aquades sebanyak 70 ml. Pertambahan panjang atau elongasi tertinggi 90% didapat dari penambahan asam asetat 0,48 % dan gliserol sebanyak 21,43 % dari volume aquades sebanyak 70 ml. Persen kehilangan berat plastik terbesar didapat dari penambahan asam asetat sebanyak 0,48 % dan gliserol sebanyak 21,43 % dari volume aquades sebanyak 70 ml yaitu sebesar 93,33%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRatnawulan, RatnawulanUNSPECIFIED
CorrectorJonuarti, RiriUNSPECIFIED
CorrectorHidayat, RahmatUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:42
Last Modified: 08 Jan 2024 03:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49314

Actions (login required)

View Item View Item