Zainal, Zakiah
(2023)
Model Matematika Kecanduan Gadget pada Remaja Menggunakan
Manajemen Waktu.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kecanduan gadget adalah suatu kondisi dimana seseorang menghabiskan
lebih banyak waktunya untuk bermain gadget daripada melakukan aktivitas sehari-hari. Penggunaan gadget di kalangan remaja pada saat ini sudah menjadi fenomena
yang umum. Tidak sedikit remaja yang mudah terpengaruh oleh kecanduan gadget.
Penularan kecanduan gadget pada remaja dapat terjadi jika terdapat interaksi antar
para remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebaran kecanduan
gadget pada remaja jika remaja menerapkan manajemen waktu untuk mengatasi
kecanduan gadget.
Penelitian ini merupakan penelitian dasar dan menggunakan metode studi
literatur yaitu menganalisa teori-teori yang sesuai dengan permasalahan kecanduan
gadget pada remaja dengan menggunakan manajemen waktu. Penelitian ini diawali
dengan mengidentifikasi permasalahan yang ada. Setelah itu peneliti
mengumpulkan bahan rujukan dan mengaitkan teori-teori yang sesuai dengan
permasalahan, membentuk model matematika kecanduan gadget pada remaja dari
asumsi, variabel, dan parameter yang sudah ditentukan, menganalisis model,
membuat interpretasi model, serta menarik kesimpulan dari hasil interpretasi
tersebut.
Berdasarkan hasil analisis, titik tetap bebas dan endemik kecanduan gadget
pada remaja ada jika memenuhi beberapa syarat yang didapatkan dari kriteria
Routh-Hurwitz. Titik tetap bebas dan endemik kecanduan gadget pada remaja ini
akan stabil pada suatu kondisi tertentu. Berdasarkan hasil simulasi adanya interaksi
dan banyaknya remaja yang menerapkan manajemen waktu dapat mempengaruhi
penyebaran kecanduan. Semakin besar nilai interaksi, maka akan semakin besar
juga penyebaran kecanduan gadget pada remaja, sehingga kecanduan gadget akan
semakin meluas. Kemudian semakin banyak remaja yang menerapkan manajemen
waktu, maka penyebaran kecanduan gadget pada remaja akan semakin kecil
Actions (login required)
|
View Item |