Analisis Keterkaitan Unsur Tanah Jarang Terhadap Mineral Magnetik pada Batu Apung di Sekitaran Danau Toba Menggunakan Metode Kemagnetan Batuan

Fitri, Dian Laila (2023) Analisis Keterkaitan Unsur Tanah Jarang Terhadap Mineral Magnetik pada Batu Apung di Sekitaran Danau Toba Menggunakan Metode Kemagnetan Batuan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Dian_Laila_Fitri_19034057_8596_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Unsur tanah jarang biasa disebut dengan logam tanah jarang (LTJ) merupakan bagian dari mineral strategis dan termasuk kedalam ―critical mineral‖. Unsur tanah jarang terkandung dalam batuan bersama unsur-unsur lain dan saling berasosiasi dengan mineral-mineral, seperti mineral magnetik. Namun, keterkaitan komposisi unsur tanah jarang terhadap kelimpahan mineral magnetik belum diketahui, salah satunya pada batuan di sekitaran Danau Toba. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan keterkaitan antara unsur tanah jarang dengan mineral magnetik pada batu apung di sekitaran Danau Toba dari data nilai suseptibilitas magnetik dan komposisi unsur tanah jarang. Penelitian ini menggunakan metode kemagnetan batuan, dimana untuk menentukan nilai suseptibilitas magnetik digunakan instrumen Bartington Magnetic Susceptibility Meter sensor tipe B (MS2B), dan untuk menentukan komposisi unsur digunakan X-Ray Fluorescence (XRF). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sampel batu apung dari Timur Laut Harangaol, Harangaol, Sisi Barat Silalahi, Sigura-Gura, dan Air Terjun Sigura-Gura memiliki kelimpahan mineral magnetik yang cukup bervariasi dengan rentang nilai dari 83,1 x 10 -8 m 3 /kg hingga 536,4 x 10 -8 m 3 /kg, dimana sifat kemagnetannya adalah antiferromagnetik dan hampir tidak memiliki jenis bulir SP. Sampel batu apung tersebut mengandung 4 jenis unsur tanah jarang yaitu Eu, Ce, Nd, dan Y. Dari data tersebut dapat diketahui adanya keterkaitan antara unsur jarang dengan kelimpahan mineral magnetik yaitu berbanding terbalik dengan kelimpahan mineral ferromagnetik dan berbanding lurus dengan kelimpahan bulir superparamagnetik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHamdi, HamdiUNSPECIFIED
CorrectorFauzi, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorDwirida, LetmiUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:41
Last Modified: 08 Jan 2024 03:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49312

Actions (login required)

View Item View Item