Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik

Koto, Yola Ramadhona (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_YOLA_RAMADHONA_KOTO_17029051_1984_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep merupakan suatu kemampuan yang sangat penting dalam proses pembelajaran matematika yang diharapkan mampu dikuasai dengan baik oleh peserta didik. Kenyataan di lapangan ditemukan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMPN 43 Padang tahun pelajaran 2022/2023 masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran Think Talk Write. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran langsung pada peserta didik kelas VIII SMPN 43 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan static group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 43 Padang tahun pelajaran 2022/2023. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, terpilih kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman konsep matematis berbentuk soal uraian. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil analisis data penelitian pada taraf nyata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsmar, AliUNSPECIFIED
CorrectorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
CorrectorMeutia R, MaulaniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Jan 2024 07:51
Last Modified: 05 Jan 2024 07:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49296

Actions (login required)

View Item View Item