Analisis Keputusan Menggunakan Metode COP dan Fuzzy SAW dalam Menentukan Jenis Laptop Terbaik pada Mahasiswa Matematika FMIPA UNP

Gulo, Avea Kristerima (2023) Analisis Keputusan Menggunakan Metode COP dan Fuzzy SAW dalam Menentukan Jenis Laptop Terbaik pada Mahasiswa Matematika FMIPA UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_AVEA_KRISTERIMA_GULO_19030006_8327_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Produk teknologi telah menjadi kebutuhan yang merata di setiap sektor kehidupan manusia, salah satunya adalah laptop/notebook. Dimana diketahui sebagian besar pengguna laptop tersebut adalah mahasiswa. Munculnya berbagai jenis dan merek dalam industri laptop menimbulkan permasalahan bagi mahasiswa dalam menentukan jenis laptop terbaik. Untuk membantu mahasiswa dalam menentukan jenis laptop terbaik, diperlukan suatu bentuk Sistem Pendukung Keputusan. Penelitian ini merupakan penelitian terapan. Data yang digunakan ialah data primer yang diperoleh dari penyebaran Kuisioner melalui Google Form kepada mahasiswa Departemen Matematika UNP angkatan tahun 2020, 2021, 2022. Variabel yang digunakan adalah Merek, Sistem Operasi, Processor, Solid State Drive, Random Access Memory, Baterai, Ukuran Layar, Berat Laptop, Warna, Harga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Cut Off Point yang mana metode ini digunakan untuk memilah pemakaian atau penggunaan kriteria untuk pertimbangan pada masalah pengambilan keputusan kemudian metode Simple Additive Weighting merupakan metode yang digunakan untuk mencari alternatif optimal dari sejumlah alternatif dengan kriteria tertentu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kriteria Baterai, RAM, SSD, Sistem operasi, Processor, dan Harga merupakan enam kriteria terpenting dalam pemilihan laptop. Kemudian Alternatif yang terpilih sebagai jenis laptop terbaik yaitu Asus ZenBook Pro yang dipilih mahasiswa dengan nilai preferensi 0,87.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMurni, DewiUNSPECIFIED
CorrectorRosha, MediaUNSPECIFIED
CorrectorRizal, YusmetUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:55
Last Modified: 05 Jan 2024 03:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49288

Actions (login required)

View Item View Item