Aini, Annisa Qurratu
(2023)
Hubungan Behavioral Intention dengan Actual Usage
pada Peserta Didik Pengguna Scola Pembelajaran
Biologi di SMA Dedikasi Edukasi Kualiva.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pembelajaran biologi menggunakan e-learning mampu meningkatkan minat
dan motivasi belajar karena menggunakan media visual yang menjadikan
pembelajaran lebih efektif. Proses pembelajaran biologi di SMA Dedikasi Edukasi
Kualiva menggunakan e-learning, yaitu Scola. Keberhasilan penerimaan dan
kemanfaatan Scola dalam pembelajaran biologi dibuktikan melalui uji kualitas,
terutama hubungan Behavioral Intention (BI) terhadap Actual Usage (AU).
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana hubungan antara
Behavioral Intention (BI) dengan Actual Usage (AU) pada peserta didik pengguna
Scola pembelajaran biologi di SMA Dedikasi Edukasi Kualiva.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X, XI MIPA dan XII
MIPA di SMA Dedikasi Edukasi Kualiva yang berjumlah 48 orang. Sampel
penelitian diambil menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan
adalah angket yang mengukur respon peserta didik terhadap BI dan AU terhadap
penggunaan Scola dalam pembelajaran biologi. Angket terdiri dari 20 pernyataan
yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan dengan
menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment dan dilanjutkan dengan uji
signifikansi dengan rumus t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang kuat
antara BI dan AU, dengan nilai korelasi 0,77. Hasil uji signifikansi menunjukkan
bahwa nilai t
hitung
10,236 dibandingkan dengan t
tabel
1,679. Hal ini menunjukkan
t
hitung
> t
tabel
, yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara BI dan AU.
Dapat disimpulkan bahwa BI memiliki hubungan positif yang signifikan terhadap
AU pada peserta didik pengguna Scola pembelajaran biologi di SMA Dedikasi
Edukasi Kualiva.
Actions (login required)
|
View Item |