Hubungan Behavioral Intention dengan Actual Usage pada Peserta Didik Pengguna Scola Pembelajaran Biologi di SMA Dedikasi Edukasi Kualiva

Aini, Annisa Qurratu (2023) Hubungan Behavioral Intention dengan Actual Usage pada Peserta Didik Pengguna Scola Pembelajaran Biologi di SMA Dedikasi Edukasi Kualiva. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Annisa_Qurratu_Aini_19031064_8343_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran biologi menggunakan e-learning mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar karena menggunakan media visual yang menjadikan pembelajaran lebih efektif. Proses pembelajaran biologi di SMA Dedikasi Edukasi Kualiva menggunakan e-learning, yaitu Scola. Keberhasilan penerimaan dan kemanfaatan Scola dalam pembelajaran biologi dibuktikan melalui uji kualitas, terutama hubungan Behavioral Intention (BI) terhadap Actual Usage (AU). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana hubungan antara Behavioral Intention (BI) dengan Actual Usage (AU) pada peserta didik pengguna Scola pembelajaran biologi di SMA Dedikasi Edukasi Kualiva. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X, XI MIPA dan XII MIPA di SMA Dedikasi Edukasi Kualiva yang berjumlah 48 orang. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket yang mengukur respon peserta didik terhadap BI dan AU terhadap penggunaan Scola dalam pembelajaran biologi. Angket terdiri dari 20 pernyataan yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment dan dilanjutkan dengan uji signifikansi dengan rumus t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang kuat antara BI dan AU, dengan nilai korelasi 0,77. Hasil uji signifikansi menunjukkan bahwa nilai t hitung 10,236 dibandingkan dengan t tabel 1,679. Hal ini menunjukkan t hitung > t tabel , yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara BI dan AU. Dapat disimpulkan bahwa BI memiliki hubungan positif yang signifikan terhadap AU pada peserta didik pengguna Scola pembelajaran biologi di SMA Dedikasi Edukasi Kualiva.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYogica, RelsasUNSPECIFIED
CorrectorSyamsurizal, SyamsurizalUNSPECIFIED
CorrectorSelaras, Ganda HijrahUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:55
Last Modified: 05 Jan 2024 03:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49285

Actions (login required)

View Item View Item