Analisis Data Peminat Program Studi Sosial Humaniora di Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum pada SBMPTN 2018-2022 dengan Pendekatan Eksploratif

Hutabarat, Ahmad Pareza (2023) Analisis Data Peminat Program Studi Sosial Humaniora di Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum pada SBMPTN 2018-2022 dengan Pendekatan Eksploratif. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_Ahmad_Pareza_Hutabarat_20037005_8703_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pendidikan tinggi di Indonesia telah mengalami perkembangan yang signifikan, termasuk pembentukan Badan Hukum Milik Negara (BHMN) yang memungkinkan perguruan tinggi negeri untuk bertransformasi menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH). Namun, perubahan status tersebut mungkin berdampak pada peminatan mahasiswa, terutama dalam konteks program studi (Prodi) sains sosial dan humaniora (Soshum). Salah satu masalah yang muncul adalah adanya potensi penurunan peminat suatu universitas ketika berubah status menjadi PTN-BH, terutama karena biaya kuliah berdasarkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang cenderung lebih tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksploratif untuk menyelidiki perkembangan peminatan Prodi Soshum di PTN-BH Indonesia dari tahun 2018 hingga 2022 dan mempertimbangkan dampak perubahan status terhadap peminatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder yang bersumber dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Variabel pada penelitian ini adalah daya tampung. Objek yang digunakan pada penelitian ini adalah prodi soshum di PTN-BH. Berdasarkan hasil eksplorasi yang dilaksanakan dapat disimpulkan beberapa hal. Pertama, ada tren penurunan peminat Prodi Soshum yang signifikan setelah adanya pengetatan SNMPTN. Kedua, asal peminat prodi cenderung terpusat di provinsi tempat universitas berada, meskipun terdapat beberapa pengecualian. Ketiga, hubungan antara daya tampung dan jumlah peminat Prodi Soshum cenderung positif, namun ada juga kasus di mana hubungan ini tidak berlaku, seperti pada UPI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorVionanda, DodiUNSPECIFIED
CorrectorPermana, DonyUNSPECIFIED
CorrectorMartha, ZamahsaryUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:37
Last Modified: 05 Jan 2024 03:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49282

Actions (login required)

View Item View Item