Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam melalui Kegiatan Kepramukaan di MAN 1 Solok Selatan

Dina, Fara (2023) Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam melalui Kegiatan Kepramukaan di MAN 1 Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_FARA_DINA_19329096_5669_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan 1) Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam melalui kegiatan kepramukaan, 2) Metode atau cara yang digunakan, dan 3) Faktor pendukung serta faktor penghambat yang dilakukan oleh kakak pembina pramuka di MAN 1 Solok Selatan. Sejak tahun 2017 pramuka di MAN 1 Solok Selatan banyak mengukir prestasi, para alumni yang merupakan anggota pramuka banyak yang sukses menjadi polisi dan TNI. Namun sekarang ini jumlah peserta didik yang berminat mengikuti kegiatan kepramukaan semakin berkurang, anggota pramuka saat ini yaitu ada 30 orang dari 469 orang. Tidak sampai separoh yang ikut, ternyata ini disebabkan karena Covid 19 membuat para orang tua khawatir dan tidak mengizinkan anaknya untuk mengikuti kegiatan pramuka. Padahal kegiatan pramuka di MAN 1 Solok Selatan bertujuan untuk membentuk karakter dan kepribadian yang Islami. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam penelitian ini dilakukan wawancara terstruktur kepada subjek penelitian, yaitu Kepala Sekolah, Wakil Kesiswaan, Guru Aqidah Akhlak, 2 (dua) orang kakak pembina pramuka, dan 10 (sepuluh) orang peserta didik di MAN 1 Solok Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam pramuka, ada 3 nilai yaitu: Pertama, nilai Aqidah. Kedua, nilai Syariat. Ketiga, nilai akhlak yaitu akhlak kepada Allah, kepada manusia, dan akhlak terhadap alam. 2) Metode atau cara dalam penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, yaitu: pertama, metode keteladanan. Kedua, metode pembiasaan. Ketiga, metode nasihat. Keempat, metode cerita. 3) Faktor pendukung penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, yaitu: a. Pembina pramuka memahami tentang nlai-nilai Pendidikan Agama Islam yang terdapat di dalam kegiatan pramuka, b. dukungan dari orang tua, c. saranan dan prasarana yang mendukunga dari sekolah, seperti perlengkapan untuk latihan tali temali, tongkat, tenda, dan perlengkapan keagamaan, d. peran teman sebaya memberikan dampak positif bagi peserta didik, e. peran media sosial. Kemudian faktor peghambat penanaman nilai, yaitu: a. sulit mengontrol peserta didik yang nakal, b. cuaca buruk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAl Ikhlas, Al IkhlasUNSPECIFIED
CorrectorAlfurqan, AlfurqanUNSPECIFIED
CorrectorWiza, RahmiUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 04 Jan 2024 08:33
Last Modified: 04 Jan 2024 08:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49269

Actions (login required)

View Item View Item