Analisis Kausalitas Pertumbuhan Ekonomi, Pengeluaran Pemerintah, dan Penerimaan Pajak Provinsi di Indonesia, Jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Padang.

Trinaldi, Rangga (2023) Analisis Kausalitas Pertumbuhan Ekonomi, Pengeluaran Pemerintah, dan Penerimaan Pajak Provinsi di Indonesia, Jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
B1_8_RANGGA_TRINALDI_16060106_91_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berguna untuk mengetahui : (1) Apakah terdapat hubungan kausalitas antara pertumbuhan ekonomi dengan pengeluaran pemerintah provinsi di Indonesia. (2) Apakah terdapat hubungan kausalitas antara pertumbuhan ekonomi dengan penerimaan pajak provinsi di Indonesia. (3) Apakah terdapat hubungan kausalitas antara pengeluaran pemerintah dengan penerimaan pajak provinsi di Indonesia. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder yang terdiri dari 33 provinsi di Indonesia dari tahun 2011 hingga tahun 2018. Penelitian ini menggunakan model Panel Vector Auto Regression (PVAR). Serta analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan induktif, dalam analisis induktif terdapat beberapa uji didalamnya yaitu : (1) Uji Akar Root, (2) Uji Kointegrasi, (3) Uji lag Optimum, (4) Uji Kausalitas Granger, (5) Uji Stabilitas, (6) Uji Respon Variabel, (7) Uji Kontribusi Variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Tidak terdapat hubungan kausalitas antara pertumbuhan ekonomi dengan pengeluaran pemerintah tetapi hanya memiliki hubungan satu arah yaitu dari pertumbuhan ekonomi terhadap pengeluaran pemerintah. (2) Tidak terdapat hubungan kausalitas antara pertumbuhan ekonomi dengan penerimaan pajak, namun hanya memiliki hubungan satu arah dari pertumbuhan ekonomi terhadap penerimaan pajak. Akan tetapi pertumbuhan ekonomi dan penerimaan pajak bisa memiliki hubungan kausalitas apabila adanya campur dari variabel pengeluaran pemerintah. (3) Tidak terdapat hubungan kausalitas antara pengeluaran pemerintah dengan penerimaan pajak tetapi hanya memiliki hubungan satu arah dari penerimaan pajak terhadap pengeluaran pemerintah. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis dapat menyarankan bagi pemerintah daerah agar lebih mengoptimalkan pengeluaran yang dilakukan serta mempertimbangkan kualitas dan kuantitas dalam mengeluarkan anggaran. Dan perlu adanya program yang mampu membuat masyarakat percaya dan sadar akan adanya wajib pajak, sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi provinsi�provinsi di Indonesia kedepannya. Serta pemerintah harus lebih gencar dalam mengupayakan peningkatan pertumbuhan ekonomi agar dapat mendongrak penerimaan pajak serta pengeluaran pemerintah provinsi di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAimon, HasdiUNSPECIFIED
CorrectorAzhar, ZulUNSPECIFIED
CorrectorPutra, Yolit PertamaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PERTUMBUHAN EKONOMI, PENGELUARAN PEMERINTAH, PENERIMAAN PAJAK
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:31
Last Modified: 04 Jan 2024 02:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49260

Actions (login required)

View Item View Item