Penerapan Metode De Novo Programming dalam Perencanaan Produksi Stik Kentang pada UKM Delima Bandara di Kabupaten Padang Pariaman

Amelja, Vania (2023) Penerapan Metode De Novo Programming dalam Perencanaan Produksi Stik Kentang pada UKM Delima Bandara di Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_VANIA_AMELJA_19030038_6768_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan metode De Novo Programming dalam perencanaan produksi Stik Kentang pada UKM Delima Bandara. Masalah yang terjadi pada UKM adalah tidak optimalnya penggunaan bahan baku pada saat memproduksi stik kentang yang dikarenakan masalah perencanaan produksi yang kurang tepat. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menentukan berapa jumlah produk stik kentang yang harus diproduksi oleh UKM Delima Bandara dengan menggunakan metode De Novo Programming sehingga diperoleh perencanaan yang menghasilkan keuntungan maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian terapan dengan menggunakan metode De Novo Programming, kemudian dilanjutkan dengan pengambilan data. Data tersebut adalah data primer yang didapat dari hasil observasi dan wawancara dengan pemilik UKM Delima Bandara. Data yang diambil adalah data produksi, data permintaan, data ketersediaan bahan baku, data biaya produksi, dan data harga pokok penjualan pada tahun 2022. Hasil rencana produksi dengan menggunakan metode De Novo Programming, UKM Delima Bandara menghasilkan produk stik kentang original sebanyak 1476 kg, stik kentang keju sebanyak 1278 kg, stik kentang daun jeruk sebanyak 1269 kg, stik kentang bawang sebanyak 1398 kg, dan stik kentang balado sebanyak 1237 kg. Menurut perhitungan produksi secara rill, UKM Delima Bandara memperoleh keuntungan sebesar Rp. 400.626.672 dan keuntungan menggunakan metode De Novo Programming yaitu sebesar Rp. 410.860.380 dengan selisih keuntungan sebesar Rp. 10.233.708. Oleh karena itu, dengan menerapkan penggunaan metode De Novo Programming, UKM Delima Bandara dapat merencanakan produksi dan mengefisiensi pemakaian bahan baku sehingga memperoleh perencanaan yang menghasilkan produk stik kentang dengan keuntungan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHelma, HelmaUNSPECIFIED
CorrectorRizal, YusmetUNSPECIFIED
CorrectorSubhan, MuhammadUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Jan 2024 08:55
Last Modified: 02 Jan 2024 08:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49243

Actions (login required)

View Item View Item