Evaluasi Kualitas dan Kuantitas Udara Pada Lokasi D-12 PT. Dasrat Sarana Arang Sejati, Parambahan Desa Batu Tanjung Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto

Bulshara, Habib Thaha (2023) Evaluasi Kualitas dan Kuantitas Udara Pada Lokasi D-12 PT. Dasrat Sarana Arang Sejati, Parambahan Desa Batu Tanjung Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_12_HABIB_THAHA_BULSHARA_19080013_4805_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PT. Dasrat Sarana Arang Sejati merupakan perusahaan pemegang IUP (Izin Usaha Pertambangan) yang bergerak pada bidang usaha pertambangan batubara, menggunakan metode penambangan bawah tanah. Ventilasi merupakan penunjang pada kegiatan operasi, system operasi ini berfungsi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas udara pada tambang bawah tanah. PT. Dasrat Sarana Arang Sejati menggunakan system ventilasi mekanis.Pada tambang bawah tanah semakin dalam seseorang menggali untuk mencari sumberdaya yang ada, maka akan semakin meningkat pula panas yang akan dihasilkan dan semakin berkurang pula udara segar yang masuk ke dalam. Pada kenyataannya kondisi udara pada lokasi D 21 mempunyai udara yang panas menyebabkan pekerja pekerja berkeringat, kelelahan ,dan menyebabkan pekerja sesak nafas saat bekerja. Dari hasil analisis yang telah dilakukan diketahui bahwa pada pengolahan data didapatkan hasil kebutuhan udara pekerja pada front jalur maju A adalah 0,106 m3/s, padafront Cl adalah 0,104 m3/s, padafront C2 adalah 0,091m3/s, dan pada frontjalur maju B adalah 0,1 m3/s. Jadi kebutuhan udara pada front Jalur Maju A , Front C 1, dan Front Jalur Maju B sudah mencukupi karena telah melewati nilai kebutuhan udara untuk 1 orang sesuai dengan ( Howard L. Hartman, 1982:73 ) yaitu 0, 1 m3 Is. Sedangkan pada front C2 tidak mencukupi karena nilai kebutuhan udara untuk 1 orang pekerjanya kurang dari 0,1 m3/s.Berdasarkan pengukuran yang telah dilakukan disetiap cabang pada Lokasi D2 l ,didapatkan bahwa kuantitas udara pada Cabang C 1 tidak memenuhi kebutuhan udara untuk pekerja. Maka dari itu diperlukan penambahan 1 buah blower pada Cabang Cl agar mencukupi kebutuhan udara untuk pekerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHeriyadi, BambangUNSPECIFIED
CorrectorAnarta, RudyUNSPECIFIED
CorrectorAndas, JukepsaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 02 Jan 2024 01:40
Last Modified: 02 Jan 2024 01:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49230

Actions (login required)

View Item View Item