Penerapan Metode Average Linkage dalam Pengelompokan Kabupaten/Kota di Provinsi Papua Berdasarkan Indeks Pembangunan Manusia

Savitri, Ririn (2023) Penerapan Metode Average Linkage dalam Pengelompokan Kabupaten/Kota di Provinsi Papua Berdasarkan Indeks Pembangunan Manusia. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_RIRIN_SAVITRI_20037055_7248_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Provinsi Papua merupakan provinsi yang memiliki nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang paling rendah tahun 2022 di Indonesia dengan capaian sebesar 61,39 persen. Provinsi Papua memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah dan juga diberikan otonomi khusus dengan berbagai kewenangan yang seharusnya dapat meningkatkan pembangunan manusia. Namun, Provinsi Papua nyatanya belum mampu bersaing dengan provinsi lainnya di Indonesia dalam meningkatkan IPM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelompokan kabupaten/kota di Provinsi Papua berdasarkan IPM tahun 2022 dan mengetahui karakteristik antarwilayah dari hasil yang diperoleh dalam pengelompokan kabupaten/kota di Provinsi Papua tahun 2022. Penelitian ini merupakan penelitian terapan. Data pada penelitian ini bersumber dari Badan Pusat Statistik Provinsi Papua tahun 2022. Metode yang digunakan dalam pengelompokan kabupaten/kota di Provinsi Papua ini adalah average linkage dengan variabel yang digunakan adalah angka harapan hidup, harapan lama sekolah, rata – rata lama sekolah, dan pengeluaran per kapita. Penelitian ini menghasilkan 3 buah cluster. Cluster 1 termasuk ke dalam cluster berkategori rendah dengan anggotanya adalah Kabupaten Nduga, cluster 2 termasuk ke dalam cluster berkategori sedang dengan anggotanya adalah Kabupaten Mappi, Kabupaten Paniai, Kabupaten Dogiyai, Kabupaten Puncak, Kabupaten Mamberamo Tengah, Kabupaten Yalimo, Kabupaten Deiyai, Kabupaten Tolikara, Kabupaten Lanny Jaya, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Intan Jaya, Kabupaten Puncak Jaya, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Asmat, Kabupaten Mamberamo Raya, Kabupaten Jayawijaya, dan Kabupaten Boven Digoel, cluster 3 termasuk ke dalam cluster yang berkategori tinggi dengan anggotanya adalah Kabupaten Supiori, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Waropen, Kabupaten Merauke, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Keerom, Kabupaten Nabire, Kabupaten Kepulauan Yapen, Kabupaten Mimika, dan Kota Jayapura.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmalita, NonongUNSPECIFIED
CorrectorVionanda, DodiUNSPECIFIED
CorrectorZilrahmi, ZilrahmiUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Jan 2024 01:38
Last Modified: 02 Jan 2024 01:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49217

Actions (login required)

View Item View Item