Somber Daya Batubara dengan Menggunakan Metode Ordinary Kriging di CV. NISKA Duson Senamat, Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi

Estimasi, Iskandar (2023) Somber Daya Batubara dengan Menggunakan Metode Ordinary Kriging di CV. NISKA Duson Senamat, Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_11_ISKANDAR_17137090_4325_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

CV. NI SKA merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan khususnya batubara yang memiliki luas izin usaha pertambangan sekitar 199 hektar. Perusahaan ini berlokasi di Dusun Senamat, Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. CV. Sistem penambangan terbuka NISKA dengan metode Open Pit, yaitu metode penambangan yang menggali endapan mineral yang ada di dalam batuan yang terletak di atau dekat permukaan. Oleh karena itu perlu untuk memperkirakan sumber daya di daerah tersebut. Estimasi sumber daya adalah estimasi atau perkiraan jumlah sumber daya di suatu tempat. Estimasi sumber daya batubara merupakan hal mendasar yang hams dilakukan dalam kegiatan penambangan batubara. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam pendugaan sumberdaya batubara adalah metode geostatistika. Metode geostatistika adalah penerapan ilmu statistika untuk menjelaskan fenomena ilmu kebumian, khususnya di bidang pertambangan dan geologi. Beberapa analisis yang dilakukan dalam pendugaan sumber daya batubara dengan menggunakan metode ordinary kriging antara lain analisis statistik univariat, analisis statistik spasial, estimasi blok kriging biasa, pemodelan geologi endapan batubara dan perhitungan tonase batubara. Berdasarkan jenis data yang akan diperoleh, teknis analisis data menggunakan data kuantitatif yaitu dengan mengolah data menggunakan software mining. Kemudian menampilkan bentuk desain secara tiga dimensi. Berdasarkan analisis dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat diambil hasil penelitian yaitu korelasi ketebalan asli dengan kriging biasa memiliki nilai korelasi sebesar O, 9106 yang berarti kedua variabel memiliki hubungan yang kuat. Total tonase sumberdaya batubara di PT. NISKA sejumlah 2.398.500 ton.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGusman, MulyaUNSPECIFIED
CorrectorOctova, AdreeUNSPECIFIED
CorrectorSaldy, Tri GamelaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 28 Dec 2023 08:48
Last Modified: 28 Dec 2023 08:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49214

Actions (login required)

View Item View Item