Pengaruh Kualitas Pelayanan Waiter/Waiterss Terhadap Kepuasan Tamu di Restoran Mentawai Hotel Pangeran Beach Padang

Wahyudi, Rizki Rahmat (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan Waiter/Waiterss Terhadap Kepuasan Tamu di Restoran Mentawai Hotel Pangeran Beach Padang. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_09_RIZKI_RAHMAT_WAHYUDI_19135263_6647_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan yaitu, sikap waiter/waiterss tidak ramah dalam melayani tamu, makanan yang di pesan tidak sama dengan yang disajikan, tamu tidak ingin datang kembali dan merekomenasikan. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Kualitas Pelayanan waiter/waiterss terhadap Kepuasan Tamu di Restoran Mentawai Hotel Pangeran Beach Padang. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Populasi penelitian ini adalah tamu yang sedang berkunjung ke Restoran Mentawai. Sampel penelitian berjumlah 370 orang tamu dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner (angket) dengan skala likert yang telah diujivaliditas dan reliabilitasnya. Data dari penelitian ini diolah dengan menggunakan SPSS 26.00. Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas pelayanan dengan nilai rata-rata (65,75%). Begitu pula dengan kepuasan tamu rata-rata dengan nilai rata-rata (62,72%). Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan tamu dengan nilai R-squared sebesar 0,684 yaitu variabel kualitas pelayanan berpengaruh sebesar 68,4% terhadap kepuasan tamu restoran Mentawai, Hotel Pangeran Beach Padang dan 31,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas variabel penelitian ini. Uji hipotesis regresi linear sederhana menunjukan bahwa nilai F hitung adalah 798,381 dengan signifikasi 0,000 dengan taraf signifikasi <0,05, dan nilai T sebesar 0,453 dengan signifikasi 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukan bahwa variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan tamu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsnur, LiseUNSPECIFIED
CorrectorYuliana, YulianaUNSPECIFIED
Correctorputra, TrisnaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KUALITAS PELAYANAN, KEPUASAN TAMU
Subjects: H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Dec 2023 08:47
Last Modified: 28 Dec 2023 08:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49211

Actions (login required)

View Item View Item