Analisis Pengunaan Variasi Busi Multi Ground Elektroda Terhadap Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Yamaha NMAX 155 CC

Fajri, Rizki (2023) Analisis Pengunaan Variasi Busi Multi Ground Elektroda Terhadap Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Yamaha NMAX 155 CC. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_9_RIZKI_FAJRI_16073051_4294_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penggunaan kendaraan bermotor yang tinggi merupakan salah satu penyebab pencemaran lingkungan berupa polusi udara yang merupakan akibat dari emisi gas buang pada kendaraan bermotor. Emisi gas buang terdiri atas Karbon Monoksida (CO), Sulfur (Sox), Nitrogen Oksida (Nox), Hidrokarbon (HC), air (H20) dan juga Timbal. Beberapa zat tersebut merupakan zat yang berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia dikarenakan pembakaran dari campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar tidak terbakar secara sempuma. Oleh karena itu diperlukan solusi untuk menyelesaikan permasalahan ini. Salah satu solusi yang dapat digunakan yaitu dengan meningkatkan komponen pada salah satu sistem pengapian berupa penggunaan busi yang memiliki ground elektroda yang lebih banyak dibandingkan dengan busi standar bawaan pabrik atau bisa disebut dengan busi multi ground elektroda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penurunan kadar emisi gas buang yang dihasilkan oleh sepeda motor Yamaha Nmax 155 cc dengan menggunakan busi multi ground elektroda. Metode eksperimen merupakan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dengan objek penelitiannya adalah sepeda motor Yamaha Nmax 15 5 cc. Data dikumpulkan langsung dari sepeda motor Yamaha Nmax 155 cc, termasuk data hasil pengujian emisi gas buang menggunakan busi multi ground elektroda dan data hasil pengujian dalam keadaan standar tanpa menggunakan busi multi ground elektroda dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa pengujian emisi gas buang dengan menggunakan busi multi ground elektroda mengalami penurunan pada kadar karbon monoksida (CO) dan hidrokarbon (HC), sementara kadar karbon dioksida (C02) mengalami peningkatan. Penggunaan busi multi ground elektroda tanpa kaki merupakan busi yang paling ideal dibandingkan dengan busi multi ground elektroda 4 kaki dan busi standar bawaan pabrik sepeda motor Yamaha Nmax 155cc.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNasir, MUNSPECIFIED
CorrectorSugiarto, TotoUNSPECIFIED
CorrectorMuslim, MuslimUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Otomotif S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 28 Dec 2023 08:30
Last Modified: 28 Dec 2023 08:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49200

Actions (login required)

View Item View Item