Fadila, Rahmi
(2023)
Pengembangan Buku Ajar untuk Menunjang
Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka pada
Materi Asam Basa Fase F SMA/MA.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pemerintah mengeluarkan sebuah kebijakan baru yaitu kurikulum merdeka.
Namun, pelaksanaan pembelajaran pada kurikulum merdeka terdapat kekurangan
yaitu ketersediaan buku ajar untuk fase F sebagai sumber belajar masih terbatas.
Oleh karena itu diperlukan buku ajar untuk menunjang pembelajaran. Penelitian
ini bertujuan menghasilkan buku ajar untuk menunjang pembelajaran kurikulum
merdeka pada materi asam basa fase F SMA/MA.
Jenis penelitian yang dilakukan berupa Educational Design Research
menggunakan model Plomp dengan tiga tahapan yaitu preliminary research,
development or prototyping phase, assessment phase. Penelitian ini dibatasi pada
prototipe IV yang valid dan praktis. Buku ajar divalidasi oleh lima validator yang
terdiri dari tiga orang dosen kimia UNP dan tiga orang guru kimia SMAN 2
Padang. Praktikalitas dilakukan uji small group terhadap sembilan orang siswa.
Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validitas dan praktikalitas.
Hasil analisis data diperoleh bahwa buku ajar untuk menunjang pembelajaran
kurikulum merdeka pada materi asam basa fase F SMA/MA diperoleh nilai rata-
rata 0,87 dengan kategori valid dan nilai rata-rata dari respon guru dan sisa
masing-masing 90% dan 93% dengan kategori sangat praktis. Dapat disimpulkan
bahwa buku ajar untuk menunjang pembelajaran kurikulum merdeka pada materi
asam basa fase F SMA/MA telah valid dan praktis.
Actions (login required)
|
View Item |