Penerapan Sistem E-Faktur Pajak Dalam Upaya Meningkatkan Kepatuhan Pengusaha Kena Pajak (PKP) Dalam Pelaporan SPT Masa PPN Di KPP Pratama Padang Dua.

Rahmadani, Nia (2023) Penerapan Sistem E-Faktur Pajak Dalam Upaya Meningkatkan Kepatuhan Pengusaha Kena Pajak (PKP) Dalam Pelaporan SPT Masa PPN Di KPP Pratama Padang Dua. Diploma thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
B1_7_NIA_RAHMADANI_20233064_5177_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Padang Dua yang beralamat di Jl. Koto Marapak No.49 Olo, kec. Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepatuhan Pengusaha Kena Pajak (PKP) Dalam pelaporan SPT Masa PPN menggunakan sistem E-Faktur pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Padang Dua. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif, karena pada penelitian ini peneliti mendeskripsikan dan menceritakan suatu fakta, fenomena-fenomena, gejala, peristiwa yang didapat dilapangan yang terjadi pada saat sekarang. Data dikumpulkan melalui wawancara dan juga diperoleh dari sumber-sumber yang telah ada pada KPP Pratama Padang Dua. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan penerapan sistem E-Faktur pajak oleh Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang terdaftar di KPP Pratama Padang Dua mendatangkan manfaat dan memberikan kemudahan kepada PKP sehingga dapat meningkatkan kepatuhan PKP dalam pelaporan SPT Masa PPN. Pada tahun 2018-2022 rata-rata tingkat kepatuhan Pengusaha Kena Pajak (PKP) dalam pelaporan SPT Masa PPN dengan diterapkannya sistem E-Faktur sebesar 70,26% yang termasuk dalam kategori skor standar kepatuhan “Cukup Patuh”. Hasil penelitian ini didukung juga oleh persentase target dan realisasi penerimaan PPN yang persentase realisasi penerimaannya melebihi target yakni sebesar 157,11% pada tahun 2022.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTasman, AbelUNSPECIFIED
CorrectorSusanti, DessiUNSPECIFIED
CorrectorYolanda, MikeUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-FAKTUR PAJAK, KEPATUHAN PKP, LAPORAN SPT
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen-D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 27 Dec 2023 02:41
Last Modified: 27 Dec 2023 02:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/49166

Actions (login required)

View Item View Item